RSS

Blog dan Bisnis Online

11 Jun

  Ketika saya membuat blog ini  tahun 2008, nggak pernah kepikiran untuk memadukan kegemaran ngeblog dengan Bisnis Online 3bisnis. Bagi saya ngeblog ya ngeblog, artinya menuliskan berbagai informasi yang mungkin bermanfaat buat orang lain. Postingan yang saya buat biasanya opini pribadi, atau mensitir informasi dari pihak lain yang bisa dijadikan refleksi  kita semua. Banyaknya pengunjung di blog saya ini sudah merupakan kegembiraan tersendiri bagi saya.  Walaupun dibandingkan dengan blog para senior lain mungking trafic nya masih belum ada apa-apanya.

Bukan berarti saya nggak tahu kalo blog bisa dijadikan sebagai ajang bisnis. Karena banyak sekali penawaran untuk bisnis online yang masuk ke email saya.  Penawaran bisnis online sering juga kita lihat saat membuka situs tertentu.

Ada juga rasa penasaran untuk menggabungkan blog saya dengan bisnis online. Namun kemudian selalu tertunda  karena pada tahapan tertentu saya tidak tahu harus melakukan apa dan bagaimana caranya.  Untuk mengetahui jawaban bagaimana teknis dari tahapan tersebut, saya harus tanya ke Mbah Google. Namun jawaban yang saya peroleh selalu berakhir pada pertanyaan berikutnya dan memaksa saya untuk tanya lagi ke Mbah Google. Begitu seterusnya.

Harus diakui rasa “sinis” saya pada bisnis online karena informasi tentang bisnis online yang saya peroleh bersifat sepotong-sepotong dan tidak diperoleh secara utuh. Kalaupun saya bertanya pada mbah Google, bagaimana bisnis online dilakukan ? maka yang saya peroleh adalah jawaban “Kasus-per kasus” (case by case).  Pada umumnya tidak membahas bagaimana memulai bisnis dari awal dan apa yang harus dipersiapkan serta bagaimana teknis melakukannya secara ”Tahap demi tahap” (Step by step).

Berdasarkan pengalaman pribadi,  Apabila kita berniat memahami atau ingin melakukan bisnis online sebaiknya Bisnis Online 5belajar dulu dan pahami teknis melakukannya “tahap demi tahap”, bukan “kasus demi kasus”. Belajar sambil mempraktekkan tahap demi tahap penting dilakukan agar terhindar dari rasa prustasi dan terjebak pada perasaan sinis untuk belajar.

Jika kita mau sebenarnya banyak e-book bisnis yang dapat didownload baik gratis maupun berbayar. Namun sebagai tahap awal download lah e-book gratis dulu untuk membuka wawasan tentang bisnis online secara utuh dan tidak sepotong-sepotong. Perkara jenis dan produk yang akan di-bisnisonline-kan untuk sementara tunda dulu. Biarlah rencana bisnis online kita mengalir sesuai tahapannya.

Menurut saya pilihlah sumber e-book yang memberikan bimbingan teknis tahap-demi tahap dan memberikan fasilitas online untuk bertanya jika anda memperoleh kesulitan pada tahapan tertentu.  beberapa E-book yang saya download,  memang telah membuka wawasan saya tentang bisnis online secara utuh. Karena e-book tersebut membahas teknis berbisnis online “tahap demi tahap” bukan “kasus demi kasus”.  

Bisnis  OnlineNamun pada postingan ini, saya tidak berusaha untuk meyakinkan pada anda bahwa saya saat ini adalah seorang “pebisnis online” yang berhasil. Tidak sama sekali !.  Tapi saya ingin meyakinkan anda bahwa rasa “sinis” pada  sesuatu hal yang baru akan menghambat kita untuk belajar tentang sesuatu yang baru tersebut.  Bagaimana mungkin kita sanggup belajar jika dalam diri kita terbersit rasa sinis pada materi yang kita pelajari ? Jika anda masih mempunyai perasaan sinis, ragu pada sesuatu yang belum anda pahami. tenang saja. sebab anda  tidak sendiri, masih banyak yang mempunyai perasaan sama dengan anda. Tapi Ayo kita sharing untuk segera menanggalkan kesinisan itu dari pikiran kita.

Definisi akademis dari Bisnis Online sendiri bagi kita tidak terlalu penting, tapi kita ingin melihatnya dari sisi prakteknya. Praktek Bisnis Online mungkin sering kita lihat di Facebook atau ketika kita berkunjung di salah satu website atau blog. Dalam sebuah halaman website/blog seringkali kita melihat banner atau kalimat yang mendorong kita mengkliknya. Ketika kita mengkliknya maka secara langsung maupun tidak langsung kita sudah terlibat dalam Bisnis Online. Tentu saja, jika bukan kita yang memasang banner itu maka keterlibatan kita dalam bisnis online tersebut adalah sebagai pelanggan (costumer),  paling tidak calon pelanggan pemasang iklan banner itu.  Lha…aku nggak merasa mengeluarkan uang,  ketika mengklik banner itu ! kok disebut sebagai pelanggan ?  Saya katakan itulah uniknya bisnis online !

Bisnis Online 4Masih bingung ? Oke, saya kasih ilustrasi lagi. Jika anda pernah atau sedang memanfaatkan layanan versi gratis tempat penyimpanan file seperti ziddu, 4shared, scribd, mediafire, youtube atau blog gratisan seperti wordpress.com atau blogspot.com. Mungkin anda sempat berfikir,  lhaa kok ada orang yang begitu baik menyediakan fasilitas yang begitu canggih dan nyaman tapi gratis yah ? darimana dana untuk layanan gratis itu ?. Begini, minimal ada dua cara mereka memperoleh keuntungan, pertama, dari pemasangan iklan di situsnya. Semakin banyak yang memanfaatkan layanan gratis itu maka semakin mahal tarif iklan yang dipasang situs itu, kedua, kemungkinan(ekspektasi) orang yang memanfaatkan layanan gratis merubah menjadi layanan premium yang berbayar. Katakanlah  ada 1 juta orang yang memanfaatkan layanan gratis dan 5% saja merubah menjadi layanan premium, maka ada 50.000 orang yang menjadi pelanggan ril mereka.

Tampaknya strategi bisnis online pun dilakukan pula oleh bisnis media massa seperti Radio, TV dan media cetak. Ok ! Sebagai latihan nalar anda dari mana untungnya koran yang baru terbit dijual di perempatan jalan dengan harga cuma Rp 1000,00  ? padahal jika dilihat tebal koran itu menurut kita biayanya  lebih dari Rp 1000,00 !  atau sebuah stasiun TV swasta berani mengeluarkan biaya ratusan juta bahkan milyaran rupiah untuk membuat acara yang ditayangkan secara gratis bagi pemirsa dirumah ?

Sebenarnya nggak penting bagi kita bagaimana sistem mereka mampu membayar kita tatkala kita menjadi partner mereka di bisnis online, karena mereka telah memperhitungkan segala sesuatunya berdasarkan perhitungan  bisnisnya masing-masing.

Bisnis Online 2Secara praktis definisi bisnis online adalah  Semua kegiatan bisnis yang dijalankan melalui Internet (Online).  Pertanyaan selanjutnya, kalo kita punya produk atau jasa sendiri yang akan dijual bisakah di bisnis onlinekan ? Jawabnya,  bisa !. Jika kita nggak punya produk atau jasa sendiri bisakah kita berbisnis online ? Jawabnya Bisa ! sepanjang bisnis itu dilakukan melalui internet. Mudah-mudahan penjelasan dibawah ini mampu memberikan gambaran lebih jelas tentang bisnis online

Dilihat dari jenisnya bisnis online terdiri atas

  1. Online to Online : yaitu bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dan lain lain
  2. Online to Offline : yaitu bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: Seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dan lain lain
  3. Offline to Online : yaitu bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik. Seperti toko kaos online, toko mebel online, dan lain lain.

 Dilihat dari peran para pelakunya, bisnis online terdiri atas :

  1. Owner         : adalah pemilik produk atau jasa.
  2. Marketer     : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
  3. Publisher     : adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.

Dan saya tambahkan satu lagi

  1. Costumer    : adalah para pembeli barang dan jasa melalui internet

Online Shop 2 - CopyPaling tidak itu saja dulu penjelasan umumnya. Pertanyaan selanjutnya, dimana kita memposisikan diri dalam dunia bisnis online ? Menurut saya ini focus penting dari maksud postingan ini. Sebab jika kita hendak memilih sebagai custumer,   Selesai sudah kita membaca tulisan ini sampai disini.

Namun jika hendak memilih sebagai owner, marketer atau publisher, Silahkan lanjutkan belajar pada situs yang membahas itu tahap demi tahap, sebab belajar bisnis online akan semakin menarik bagi kita. Namun jika anda masih ragu bagaimana masuk didunia bisnis online anda bisa memulainya dengan membuat blog. bagaimana caranya ? panduannya bisa anda DOWNLOAD DISNI.   Namun jika anda sudah tidak sabar untuk langsung belajar bisnis  online silahkan klik  BELAJAR BISNIS ONLINE  . SEMOGA BERMANFAAT

 
2 Comments

Posted by on June 11, 2012 in Pendidikan

 

Tags: , , , ,

2 responses to “Blog dan Bisnis Online

  1. Joko

    March 2, 2013 at 10:52 pm

    Bisnis rumahan online mudah dikerjakan oleh siapapun. Bisnis model ini dalam pengerjaannya tidak terikat waktu artinya bisa dikerjakan kapan saja bisa siang, sore atau malam, selain itu juga tidak terikat dengan tempat mau di rumah, di tempat wisata, di kontor dan tempat yang lainnya yang penting ada komputer dan sambungan internet. Bisnis rumahan online memerlukan modal yang relatif kecil. Tetapi untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis online harus mempunyai pengetahuan tentang internet marketing.

     
  2. corso fotografia

    June 12, 2012 at 12:29 pm

    You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really
    something which I think I would never understand. It seems too complex and very broad for me.
    I am looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

     

Jangan lupa tulis komentar....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: