RSS

Koruptor juga punya strategi perlawanan

07 May

tikus-koruptor-1

Korupsi memang sebuah fenomena yang unik. Walaupun berbagai kelembagaan yang memantau dan menginvestigasi kasus-kasus korupsi telah dibentuk, baik yang resmi dari pemerintah (BPK, KPK dan lain-lain) maupun Lembaga Swadaya seperti ICW, korupsi di Indonesia masih begitu marak.. kelembagaan yang terlibat bukan hanya eksekutif tapi juga legislative dan yudikatif.  Dari kewilayahanpun tidak ada satu provinsi, kabupaten/kota yang tidak tersentuh tikus koruptor.

tikus-koruptor-2

Kepungan untuk meringkus tikus-tikus koruptor tidak hanya dengan pengerahan bala tentara pemburu yang dibentuk oleh Negara maupun swasta, tapi juga berbagai payung hukumpun telah banyak diluncurkan baik dalam bentuk UU, kepres, Inpres maupun Kepmen. Apalagi yang kurang…? Bahkan untuk memastikan bahwa bangsa Indonesia berniat memerangi para tikus koruptor, bangsa Indonesia telah menandatangi konvensi yang ditandatangi di Meksiko bertajuk “United Nations Covention Againt Corruption (UNCAC) tahun 2003. Dengan penandatanganan konvensi ini kita telah memastikan diri bahwa penyelesaian kasus korupsi akan didukung dunia Internatioanal. Sebuah keputusan yang memungkinkan para koruptor akan dikejar kemanapun dia kabur….!

tikus-koruptor-3Secara konseptual, normative dan kehendak politis pemerintah, baik pusat, maupun daerah sudah dianggap begitu sempurna, bala tentara yang dilengkapi berbagai perangkat hukum dan tekad secara konsep akan membuat gentar calon koruptor untuk mengurungkan niatnya menggerogoti keju financial negara.  Kasus Antasari dan Gayus Tambunan  ini membuat kita tersadar bahwa tikus-tikus koruptorpun ternyata punya strategi, taktik, dan metode untuk bisa lolos dengan nyaman tanpa kita sadari…

Jelas sekarang bahwa sinyalemen bahwa koruptor pun membuat strategi perlawanan sistematis  adalah fakta, bukan sinyalemen ! Payung hukum, idealism dan pengamatan untuk menjerat tikus koruptor ternyata tidak cukup. Seperti halnya berperang  bala tentara dari BPK, KPK, LSM ternyata harus pula dibekali dengan pemahaman dan ketrampilan menganalisis berbagai kemungkinan dilakukannya perlawanan dari koruptor dengan strategi yang mungkin saja lebih canggih, berani dan sangat mempertimbangkan berbagai kelemahan yang ada pada bala tentara pemburu koruptor antara lain, tidak kuat melihat fulus dan paha mulus…..Kuatkan pertahanan dirimu wahai para pemberantas  koruptor !

 
Comments Off on Koruptor juga punya strategi perlawanan

Posted by on May 7, 2009 in Sosial

 

Tags: , , , ,

Comments are closed.

 
%d bloggers like this: