RSS

Konsep dan realisasi program pendidikan di Bandung, apakabar ?

14 Mar

Di Kota Bandung ada Perda No. 20/2002 yang mengatur penyelenggaraan pendidikan dan isinya sangat berkomitmen dalam menjamin terselenggaranya pendidikan dengan baik. Selain itu disebutkan pula bahwa peserta didik berhak mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Kemudian Program Wajib Belajar harus dilaksanakan secara merata dan berkeadilan dengan memperhatikan dan mengutamakan masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi dan sosial budaya,.

Jaminan agar terselenggaranya program wajib belajar tersebut pemkot melibatkan seluruh lembaga pendidikan yang diselenggarakan pemerintah maupun swasta. Tanpa deskriminasi, peserta didik berhak atas seluruh fasilitas pendidikan yang diikutinya seperti memperoleh penilaian hasil belajar, menyelesaikan pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan yang diikutinya dan sebagainya !

Khusus untuk anggaran pendidikan Perda tersebut menyebutkan bahwa Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran pendidikan minimal 20 persen dari APBD diluar belanja rutin, yang pelaksanaannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan kemampuan kota Bandung.

Diluar itu, hampir semua hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan tercantum dengan jelas. Dari prinsip penyelenggaraan pendidikan, peserta didik, tenaga kependidikan hingga kurikulum, begitu pula dengan pengawasannya. Dus sudah lengkap !! Hanya sayangnya, masih ada beberapa celah bagi pemkot untuk menghindari kewajibannya memenuhi ketetapan perda tersebut, seperti alokasi anggaran pendidikan 20 persen dan dilaksanakan secara “bertahap sesuai dengan kemampuannya” siapa yang sanggup secara tegas menentukan bahwa pemkot sudah mampu ? terus setiap peserta didik berhak atas bantuan fasilitas belajar, beasiswa sesuai dengan persyaratan yang berlaku, syarat apa ? ya, jika pemkot mempunyai semangat lemah dalam membantu warga dalam bidang pendidikan maka yang dimaksud syarat adalah pasti yang sulit dipenuhi oleh peserta didik.

Terlepas dari itu semua, kita hargai kehendak politis pemkot Kota Bandung yang sudah secara lengkap mengatur tentang penyelenggaraan pendidikan. Diantos realisasinya !!

Bagaimana kalau di kota teman-teman ?

 
Leave a comment

Posted by on March 14, 2008 in Pendidikan

 

Tags: , , ,

Jangan lupa tulis komentar....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: