RSS

Kesehatan dan Hak Azazi Manusia, Sudah Match kah ?

14 Mar

Ada anggapan bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Bandung adalah sesuatu yang harus diperjuangkan dengan berbagai pengorbanan yaitu uang bahkan harta benda yang menjadi asset keluarga. Anggapan yang sudah terinternalisasi pada warga kota Bandung tersebut menumbuhkan pula anggapan bahwa bagi warga yang tidak mempunyai uang dan harta benda, maka kesehatan adalah soal “nasib !” dan sesuatu yang terserah pada “maha kuasa” , artinya masyarakat Kota Bandung berpandangan bahwa kesehatan itu semata-mata anugerah tuhan dan bukan suatu hak yang harus dipenuhi oleh pemerintah kota ! Padahal kesehatan merupakan hak azasi manusia yang mendasar. Jika tidak sehat akan sulit baginya untuk menikmati hak-hak dasar lainnya, dan menikmati berbagai fasilitas hidup yang disediakan, baik oleh pemerintah maupun swasta sebagai simbol hidup yang bermartabat.

Sementara itu hak atas kesehatan sangat bergantung pada pemenuhan hak-hak dasar lainnya, terutama hak untuk memperoleh pekerjaan sebagai sumber pendapatan untuk membeli makanan bergizi dan lingkungan asri sehat yang serba mahal di Kota Bandung. Di lain pihak hak atas pekerjaan sangat bergantung pada hak memperoleh pendidikan sebagai salah satu syarat mutlak memperoleh pekerjaan.

Bagaimana dengan Kota Bandung ? Secara politis Pemkot Bandung mentargetkan Bandung Sehat 2007 dan Bandung Cerdas 2008 artinya hanya tinggal beberapa bulan lagi untuk mewujudkannya. Realistiskah target itu apabila dibandingkan dengan kondisi pemenuhan hak azasi yang dirasakan oleh warga Bandung saat ini ?. Apabila kita lihat berbagai indikator pemenuhan hak-hak azasi tersebut rasanya memang tidak realistis dan cenderung omong kosong !. Masih mahalnya biaya pengobatan, pendidikan dan sulitnya memperoleh pekerjaan yang dirasakan warga Kota Bandung saat ini memberikan indikasi kuat atas pesimisme tercapainya berbagai target politis tersebut ! apalagi jika kita lihat pos anggaran kesehatan dan pendidikan dalam RAPBD lima tahun terakhir, rasanya masih jauh bagi kita untuk menghilangkan anggapan bahwa kesehatan, pendidikan dan pekerjaan dikota Bandung semata-mata soal nasib dan anugrah mahakuasa ! Semoga pemkot Bandung tidak mempunyai anggapan yang sama seperti warganya sehingga lebih serius dan bukan “seurieus” menangani kewajibannya memenuhi hak dasar warganya.

Bagaimana di Kota Anda ?

 

 
Leave a comment

Posted by on March 14, 2008 in Kesehatan

 

Tags: , ,

Jangan lupa tulis komentar....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: