RSS

Tidak Naik Kelas di TK Aisyah

11 Mar
  • 112313.jpg

Seperti anak yang lain, saya tumbuh dengan normal, hingga akhirnya ibu saya menganggap saya harus masuk TK walaupun baru berumur 5 tahun. TK yang dipilih TK aisyah yang letaknya saat itu tepat dibelakang Rumah sakit Muhammadyah Jl Banteng Dalam. Rumah sakit “M” pada tahun 67 tidak seluas sekarang, yang hanya mempunyai bangunan utama bagian depan saja. TK Aisyah satu komplek dengan SD Muhammadyah dan di beri jatah oleh Yayasan pengelola hanya satu kelas. Jarak antara rumah dengan sekolah TK kurang lebih 1 km. Setiap pagi saya jalan kaki melalui Jl. Mutiara kemudian menyebrang jalan Banteng (sekarang Jl. KH. A. Dahlan), dan menyusuri Jl. Banteng Dalam yang sampai sekarang kondisinya tidak jauh berubah, masih kelihatan kumuh antara Jl. Banteng dengan Gedung TK. Terkadang saya berpikir kenapa pemda Bandung dari dulu tidak mampu melebarkan Jalan Banteng Dalam di pas ujungnya, padahal dari arah Terusan Lodayanya begitu lebar dan di kanan kirinya terbangun rumah-rumah yang cukup representatif untuk disebut sebagai kawasan menengah atas.

Satu tahun berlalu ketika saya dengan bangga akan masuk Sekolah Dasar. Namun kemudian saya tahu bahwa saya masih belum cukup umur untuk masuk SD karena baru berumur 6 tahun, lagi pula ketika di test oleh guru tangan saya masih belum dapat menggapai telinga ketika tangan saya melingkar dari sisi kanan kepala ke arah telinga. Tahun 68 di Bandung belum begitu banyak SD seperti sekarang yang dapat menerima murid baru yang masih berumur dibawah 5 tahun walaupun tangan belum mampu menggapai telinga ketika dilingkarkan melalui kepala. Keputusan ibu dan guru waktu itu, “saya harus mengulang di TK selama satu tahun lagi”. Entah karena malu atau bosan saya ngadat dan mogok sekolah, dan baru satu tahun kemudian masuk Sekolah Dasar.

Jika menengok ibu, saya selalu mengambil jalan pintas dari Jl Terusan Lodaya masuk ke Jl Banteng Dalam agar dapat mengenang sekolah pertama sambil bercerita pada anak-anak dan istri bahwa saya dulu sekolah TK Aisyah. Saya sendiri juga belum tahu pasti apakah TK tersebut masih ada atau sudah diganti menjadi SMK atau AKPER.

Sekarang saya sudah mulai jarang melewati Jl Banteng Dalam yang aneh tersebut karena ibu saya sudah meninggal di Tahun 2000. TK Aisyah Banteng Dalam adalah sekolah pertamaku dan sampai kapan pun takkan pernah terlupakan !

 
1 Comment

Posted by on March 11, 2008 in Sosial

 

Tags: , ,

One response to “Tidak Naik Kelas di TK Aisyah

  1. Theo

    October 7, 2008 at 11:04 am

    ya kasihan mestinya naik kls aj y org saya umur 6 tahun jg udh kls 1 sd

     

Jangan lupa tulis komentar....

 
