RSS

Penerimaan Siswa Baru (PSB) Kota Bandung 2010 – online

04 Jul

Masa Penerimaan Siswa Baru (PSB) atau yang lebih dikenal dengan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) Kota Bandung dimulai sejak tanggal 28 Juni dan ditutup tanggal 3 Juli 2010 kemarin. Banyak hal yang dapat dipetik dari sistem penerimaan baru tahun 2010 ini.  Sebenarnya sama dengan PSB tahun-tahun lalu, anak-anak yang mendaftar dan diterima tidak perlu memantau tiap hari dengan mendatangi sekolah pilihannya setiap hari , karena posisi/status kemungkinan masuk pada sekolah yang dipilihnya dapat diketahui secara online

Nuansa persaingan yang dilakukan melalui nilai Ujian Negara terlihat jelas. Ketegangan akan terasa jika calon peserta didik rangking nilainya terus melorot sejalan dengan perjalanan waktu dari hari ke hari. Pergeseran urut nama yang dilakukan berdasarkan nilai UN tersebut akan terus berlangsung hingga tanggal pengumuman resmi penerimaan siswa baru tanggal 6 Juli 2010, walaupun pendaftaran telah ditutup tanggal 3 Juli. Tentu saja ini menggambarkan bahwa daftar hasil seleksi yang tercantum secara online tersebut tidak benar-benar “real time”. bahkan menimbulkan kecurigaan telah terjadi pelanggaran batas waktu pendaftaran oleh panitia PSB. Hal ini terungkap dari beberapa komentar yang disampaikan melalui situs online tersebut ( http://www.ppdbkotabandung.com/pesan-anda.html ).

Hal lain yang menarik ketika menengok situs online tersebut adalah penampakaan nilai Ujan Negara (UN) dari siswa yang mendaftar. Nilai UN  sangat berbeda jauh dibandingkan dengan nilai Ujian ketika masih menggunakan EBTANAS. Jika  dulu, kita  biasa melihat Nilai EBTA Murni (NEM) 3, 4 dan 5 untuk mata pelajaran matematika misalnya. Dengan sistem UN  justru nilai 4 dan 5 tidak tampak bahkan jika kita perhatikan nilai 8 pun tidak ada. Hampir semua bernilai lebih dari 8 bahkan tidak sedikit yang bernilai 10.  Sungguh luar biasa ! Apakah ini hasil sebuah perubahan metode mengajar sehingga daya serap siswa terhadap mata pelajaranan yang di UN kan meningkat begitu signifikan atau hasil sebuah proses kreatif ,  “kearifan lokal”  dan “Tim Sukses” sekolah ?

Tentu saja mendiskusikan tentang nilai UN dari dulu sampai sekarang dan mungkin akan datang tidak akan pernah selesai karena siswa, orangtua, guru dan masyarakat mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam memaknai nilai mata pelajaran siswa.  Toh pada akhirnya kemampuan siswa akan diuji kebenarannya ketika mereka suatu saat nanti berkiprah di masyarakat.   Apapun dan dan bagaimanapun, proses penerimaan siswa baru telah berlangsung dan sudah ditutup dengan membawa kesan masing-masing.  Dengan kelebihan dan kelemahan   kita patut  mengapresiasi upaya Dinas pendidikan Kota Bandung dan didukung penuh oleh  alumni STM 2 Bandung yang  menyediakan layanan PPDB Online Kota Bandung.   Semua pihak semestinya harus mengacu pada petunjuk teknis tentang penerimaan peserta didik baru Kota Bandung 2010 yang dapat di download disini.

About these ads
 
2 Comments

Posted by on July 4, 2010 in Pendidikan

 

Tags: , , ,

2 responses to “Penerimaan Siswa Baru (PSB) Kota Bandung 2010 – online

  1. rahadian p. paramita

    July 7, 2010 at 7:43 am

    Iya nih, banyak kasus PPDB yang bermasalah, karena info yang tidak jelas. Seperti yang terjadi di sini: http://publikana.com/baca/2010/06/16/tes-seleksi-masuk-sd-merupakan-pelanggaran.html

     

Jangan lupa tulis komentar....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: