RSS

Hari Anak Nasional

23 Jul

Tepat pada hari ini tanggal 23 Juli 2008 diperingati sebagai hari anak nasional, walaupun dunia melalui PBB memperingatinya setiap tanggal 20 November. Esensi dari peringatan tersebut tentunya mengingatkan kita semua agar anak semestinya jauh lebih diperhatikan karena menyangkut masa depan kehidupan manusia. Kelalaian kita dalam memperhatikan kesejahteraan anak dalam memproses masa depannya tentunya akan mengakibatkan perikehidupan manusia masa yang akan datang akan sangat suram.

 

Secara politis Pemerintah Indonesia telah begitu menyadari pentingnya anak-anak diperhatikan kesejahteraannya melalui penerbitan Undang-Undang (UU) No 4/1979 tentang Kesejahteraan Anak, Keputusan Presiden No 36/1990 tentang Ratifikasi Konvensi Hak Anak,, UU No 3/1997 tentang Pengadilan Anak, dan UU No 23/2002 tentang Perlindungan Anak, Namun pada kenyataannya masih kerap kita temui anak-anak terlantar dan diterlantarkan bahkan yang paling menyedihkan diperdagangkan layaknya khewan periharaan. Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia masih menyisakan jumlah kemiskinan mencapai 63,2 juta orang (28,7 % dari total penduduk) pada tahun 2007. Bahkan beberapa kalangan memperkirakan melebihi 70 juta orang. Dampak dari kemiskinan itu terlihat dari jumlah “balita” yang menderita gizi buruk yang memperlihatkan kecenderungan meningkat dari 1,67 juta orang di tahun 2005 menjadi 2,3 juta orang di tahun 2007. Apabila melihat kondisi perekonomian sepanjang tahun 2007 lalu dan prediksi tahun 2008 maka jumlah balita yang mengalami gizi buruk dan busung lapar akan melonjak jauh melebihi jumlah yang terjadi di tahun 2006 dan 2007.

Keterlantaran dan penderitaan anak tentunya bukan hanya dipecahkan melalui kehendak politis dan diperingati tapi semestinya ditindaklanjuti dengan tindakan nyata agar anak-anak Indonesia jauh lebih nyaman dalam menentukan masa depan yang lebih baik.

Semoga suatu saat nanti kita tidak lagi mendengar atau membaca berita tentang busung lapar, keterlantaran, kekerasan dan perdagangan anak. Amin

About these ads
 
2 Comments

Posted by on July 23, 2008 in Sosial

 

Tags: ,

2 responses to “Hari Anak Nasional

  1. Anonymous

    September 3, 2010 at 12:18 pm

    papa tolosby
    jan

     
  2. e Serba Serbi

    March 24, 2009 at 4:42 am

    Pak, mohon ijin untuk memakai gambar anak2 diatas untuk blogku. Ini untuk ilustrasi artikel tentang pendidikan anak.

     

Jangan lupa tulis komentar....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: