Panduan Membuat Blog Gratis !!

Pada umumnya orang berinternet dengan tujuan mencari informasi dengan memanfaatkan mesin pencari google search. Untuk mencari informasi itu terkadang malah mensetting browser agar langsung menampilkan mesin pencari tersebut pada tampilan pertama browsernya.

Pernahkah dalam pikiran, justru kita yang memberi informasi kepada orang lain di dunia, sehingga terjadi saling tukar informasi ?. Sekecil apapun informasi yang kita berikan mungkin sangat bermanfaat bagi orang lain. Paling tidak kita bisa mengekspresikan ide yang kita punya dalam sebuah tulisan yang dapat dibaca orang lain. Jika anda tidak mempunyai pikiran untuk memberikan informasi yang anda punya melalui internet, anda bisa berhenti membaca tulisan ini dan silahkan kembali ke google search untuk mencari informasi dari sumber yang lain yang anda butuhkan. Jika ya silahkan lanjutkan.

Jika pernah terlintas dalam benak anda, pertanyaan, bagaimana cara membuat tanggapan pada tulisan yang ada dalam internet atau atau bagaimana menyampaikan pemikiran, artikel, ringkasan hasil penelitian atau hanya sekedar menyampaikan unek-unek di internet sehingga dapat dibaca orang lain di dunia ? atau bahkan bagaimana cara membuat website sendiri sehingga anda bisa mengelola, mendesign, menambah, memperbaharui atau menghapus tulisan sekehendak kita pada space server milik anda sendiri secara gratis ? Jika anda belum memperoleh jawabannya, kalem, slow dan tenang saja, anda termasuk orang biasa pada umumnya jika berinternet.

Jika anda ingin temukan jawabannya, tulisan ini mungkin menjadi pembuka awal bagi anda untuk menjadi seorang “bloger” terkenal karena tulisan-tulisan anda sangat bermanfaat bagi orang lain. Blog berasal dari kata Web Log yang berarti catatan (log) perjalanan selama menjelajahi jaringan belantara internet yang tak terbatas dan bersifat digital maya. Seperti halnya seorang pelaut di tengah samudra, dia membutuhkan catatan (log) sepanjang perjalanannya agar dapat kembali di pelabuhan tempat pelaut tersebut memulai perjalanannya atau menjelajah ulang rute perjalanannya. Pernahkah anda kebingungan mau melakukan apa dan bagaimana mencari informasi yang anda inginkan ? dan selalu mengingat-ngingat URL yang pernah anda kunjungi ? Syukurlah sekarang ada banyak mesin pencari seperti google, technorati, Wikipedia dan lain-lain. Namun bagaimanapun anda akan tetap kebingunan untuk kembali ke pelabuhan pertama anda. Ketika anda bosan karena kebingungan, lantas anda matikan modem, klik Start-Log off dan bahkan shutdown ! …..he..he hee….es

Membangun sebuah pelabuhan dalam bentuk website/situs/blog, dimana anda menjadi syahbandar sekaligus pelautnya akan mendorong anda menelurusi kembali penjelajahan di dunia maya tanpa kehilangan arah seperti pertama kali anda menjelajah.  Dilain pihak kita didorong untuk membangun pelabuhan milik kita sendiri agar layak dikunjungi penjelajah lain untuk bersilaturahmi dengan kita, karena pelabuhan/situs/blog kita penuh dengan informasi yang mereka butuhkan. Dunia maya internet jauh lebih luas dibandingkan lautan samudra karena tidak berbatas. Oleh sebab itu pemilikan pelabuhan samudra maya mutlak diperlukan jika anda tidak ingin mengalami kebingungan dan tersesat di belantara maya internet. Dengan website pribadi yang anda ciptakan, interaksi sosial anda tidak hanya sebatas teman sekerja atau lingkungan RT/RW, tapi dengan masyarakat pengguna internet sedunia yang anda dapat manfaatkan untuk saling memberikan informasi. Perkara keterbatasan kemampuan bahasa Inggris atau bahasa lain ? sekarang itu bukan lagi alasan bagi anda untuk tidak berkomunikasi dengan bangsa sedunia. karena Googe translate sudah menyediakan fasilitas peterjemah yang cukup  canggih seperti yang saya pasang di blog ini.

Saya  dapat pastikan ngenet menjadi jauh lebih menyenangkan bahkan pada tahap selanjutnya jika kita mau bisa mengatur blog kita sebagai salah satu sumber penghasilan.

Panduan sederhana ini mudah-mudahan mendorong anda membangun pelabuhan weblog tempat anda kembali dan layak dikunjungi penjelajah lain untuk bertransaksi mencari informasi.yang mereka butuhkan.

A. Membuat Blog

Anda akan membuat Blog di domain yang menyediakan fasilitas Blog gratis, Kita gunakan salah satunya adalah wordpress.com. Sebenarnya ada banyak domain yang menyediakan blog gratis yang bisa anda manfaatkan antara lain, blogger.com, jurnalspace.com, blogsome.com, multiply.com dan lain-lain. Pemilihan hosting, akan sangat bergantung kenyamanan anda dalam menggunakannya terutama fasilitas dan kestabilan server penyedianya. Untuk menilai dan menjajagi kelebihan dan kekurangan masing-masing domain/hosting, anda dapat membuat blog di setiap domain/hosting tersebut. Rasakan bedanya. ! Namun demikian, wordpress.com cukup handal dengan fasilitas yang cukup memadai,  mudah mengoperasikan dan yang paling penting anda akan diberi lokasi space pada server secara gratis !

Menurut saya membuat blog jauh lebih mudah dibandingkan dengan membuat e-mail  Berikut langkah-langkahnya :

1. Syarat mutlak membuat sebuah blog adalah anda harus mempunyai alamat email yang masih aktif, jika belum punya silahkan buat dulu. Anda boleh membuat alamat e-mail dimana saja, misalnya yahoo.com, gmail.com, dll

2. Jika sudah punya alamat email silahkan buka browser (Internet Explorer atau Mozila fire fox) dan masuk ke wordpress.com, dengan mengetikan http://wordpress.com

3.Di halaman pertama bagian atas wordpress.com. terdapat pilihan bahasa yang anda sukai. Jika anda ingin merubah menjadi bahasa Indonesia silahkan pilih pada kotak preferred language menjadi Bahasa Indonesia. Pada Kotak dibawahnya terdapat tulisan “Daftar Sekarang !” (Sign Up Now !), jika anda tidak sabar hendak membuat blog/website, klik tulisan tersebut dengan penuh percaya diri ! Jika anda masih bisa menahan kesabaran silahkan klik terlebih dahulu fasilitas gratis apa saja yang disediakan wordpress.com. Namun pada tahap awal menurut saya, daftar saja dulu ! fasilitas gratis lainnya bisa anda pelajari belakangan ! Oke ?, Klik tulisan “Daftar Sekarang !” atau “Sign Up Now !”

4. Pada lembar/halaman kedua, anda diminta untuk mengisi kotak isian yang sangat mudah untuk dijawab yaitu :

a.Nama Pengguna/User name : Isikan nama anda, asalkan lebih dari 4 karakter/huruf. Nama ini akan muncul menyertai tulisan yang anda terbitkan/publikasikan di blog anda sebagai penulis/author. Jika tidak ingin nama anda muncul, silahkan isikan dengan nama samaran. Nama Pengguna tidak dapat disunting atau diubah, oleh sebab itu pikirkan terlebih dahulu sebelum anda menulis kotak pengguna ini. Namun saya sarankan untuk mengisi nama asli anda, sebab pada dasarnya membuat blog/situs antara lain untuk menunjukkan pada dunia bahwa anda ada dan punya ide dan informasi.

b.Kata Sandi/Password : Isi dengan kata sandi anda tapi mudah diingat oleh anda. Sandi ini bersifat rahasia, usahakan hanya anda yang tahu, kecuali anda menginginkan orang lain ikut berpartisipasi mengisi blog anda.

c.Konfirmasi/confirm : ketik ulang sandi yang telah anda tulis diatasnya.

d.Alamat email/email address : isikan alamat email anda yang masih aktif secara lengkap. Email yang ditulis akan dikirimi surat informasi administrative yang menjelaskan bahwa anda telah membuat weblog di Domain/Host wordpress.com. Surat tersebut tidak perlu dijawab karena hanya bersifat pemberitahuan.

e.Celoteh legal/Aturan main : beri tanda v, yang menyatakan bahwa anda setuju terhadap segala tatatertib dan peraturan yang telah ditetapkan oleh wordpress.com

f.Beri aku blog/gimme my blog : Beri tanda v

g.Hanya username/only username : Kosongkan

h.Klik Kotak “berikutnya” atau “Next”

5.  Apabila terdapat tampilan blok merah pada isian yang anda tulis anda atau catatan terhadap jawaban anda, artinya anda harus mengganti tulisan/jawaban tersebut, karena ada orang lain telah menggunakan nama/tulisan yang sama. Misalnya ada orang lain menggunakan Alamat URL yang sama dengan yang anda pilih.

6. Pada lembar/halaman ke tiga anda diminta untuk mengisi :

a. Domain blog : Anda diminta untuk menetapkan alamat website/URL yang akan dibuat. Anda dapat mengganti alamat defaultnya dengan nama yang sesuai dengan kehendak anda atau tetap dengan nama yang ditawarkan oleh wordpress.com. Apabila sudah ditetapkan anda tidak dapat merubahnya. Contoh alamat URL : smoker.wordpress.com, bandungvariety.wordpress.com dan lain-lain.

b. Judul/title Blog : Silahkan tulis judul blog/website yang akan tampil di halaman muka blog anda. Namun pada umumnya judul blog menggambarkan focus dari bahasan/informasi utama dari blog anda. Misalnya Agrotechnopark, All about of Agriculture, My Think, Pernak pernik Sosial Politik atau cukup dengan Ude’s weblog saja…terserah anda….Judul blog bisa di edit kemudian.

c. Bahasa/language : Berikan pilihan bahasa yang akan digunakan untuk menulis berbagai tulisan anda atau fasilitas dashboard yang disediakan. Pilihan bahasa ini dapat disunting/diubah dikemudian hari.

d. Pribadi/personal :Beri tanda v, yang menyatakan anda setuju bahwa tulisan anda dapat dicari di mesin pencari seperti google search, technocrati.

e. Daftar/Register : Apabila seluruh kotak isian sudah terisi dan dianggap benar maka silahkan KLIK ! Tulisan “DAFTAR” atau “REGISTER “ Tunggu beberapa saat untuk verifikasi apakah lamaran anda membuat weblog/site diterima atau tidak !

f. Konfirmasi : Biasanya anda dipersilakan untuk membuka email anda untuk mengkonfirmasi bahwa anda telah menciptakan sebuah blog.  Buka saja email anda.

7. Di halaman ini terdapat tulisan “buat tulisan” untuk memberikan kesempatan pada anda untuk mengucapkan selamat datang pada dunia di website/blog anda atau menulis tulisan ringan, ide segar, atau unek-unek…bebas saja !!

8. “Ubah wadahan/tampilan/template” : untuk memberikan kesempatan pada anda untuk mengubah tampilan design blog/sites anda sesuai dengan pilihan yang disediakan wordpress atau design gambar yang anda buat sendiri sebelumnya dalam format JPEG misalnya.

9. “Lihat situs” : untuk melihat wajah asli situs yang telah anda buat !  Jika anda belum puas dengan tampilan blog anda silahkan klik Dashboard,

10.  Silahkan klik sana klik sini untuk mencoba semua tombol….. sampai anda paham fungsi masing-masing tombol dan utak-atik dulu design dan tulisan anda  Jangan ragu-ragu !  jika perlu coba semua theme sampai anda merasa siap mengundang teman-teman untuk mengunjungi blog/situs anda melalui fasilitas undang teman (invite friend) yang disediakan wordpress.com.

11. Jangan lupa log out  jika anda telah mengedit atau memposting tulisan dan ingin selesai.

11  Jika anda ingin kembali mengedit/update tulisan   silahkan masuk ke  http://wordpress.com   dan sig in   Tuliskan nama pengguna/username dan kata sandi/password yang telah anda ciptakan.

12.  Seringlah berkunjung  ke blog lain untuk bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan blog anda dengan memberikan komentar pada blog yang anda kunjungi.

13.  Selamat mencoba

14.  Pedoman sederhana  membuat blog di wordpress dapat di download disini :

 

About these ads

About Krisdinar
Praktisi pendidikan dan pengguna alternatif curahan ekpresi dan informasi

117 Responses to Panduan Membuat Blog Gratis !!

  1. Pak artikelnya saya muat boleh ? di website kami.
    Toko komputer online http://www.tigabelas.com

    reply :
    Silahkan

  2. domi says:

    wadoh… w dah coba terus buat na.. tp gabisa juga tuh:(
    tetep nama penggunanya kolom merah…. setiap w ganti id nya tetep warna merah juga… ampe w capek deh:(

    so… give me solution donk.. pliz ya.. thx b4r

    Reply :
    Coba pake nama yang lebih dari 4 huruf tanpa spasi atau gunakan nama yang sangat spesifik/unik

  3. sukamara says:

    mas, cara upload tulisan dan gambar gimana? so merubah tampilannya? masih bingung nih???????? balas ke sukmarasam@gmail.com yaaa. Mas buka punya saya sukamara.wordpress.com, masih kosong hehehehe

    answer :
    Setiap design/template/tampilan blog mempunyai tataletak pengaturan tampilan tulisan yang berbeda. Untuk masuk kembali pada navigasi pengaturan/setting klik aja wordpress.com yang terdapat pada tampilan situs anda. Setelah mengisi pengguna/username dan sandi/password klik dashboard. Selanjutnya pilih mana yang akan anda setting.

    Ketika layar sudah menampilkan papan/pad tulisan dengan cara mengklik tulis ( write new post) dan anda telah mengisi papan tulisan dengan postingan anda lalu cari saja kotak-kotak yang bertuliskan :

    1. Edit and save (sunting/simpan) : menyimpan tulisan yang sudah dibuat tapi masih penasaran untuk diedit ulang
    2. Publish/terbitkan : menerbitkan tulisan yang telah dibuat, dan anda bisa melihat tayangan jika anda mengklik “lihat situs atau visit site)
    3. Untuk menyisipkan gambar, coba cari kotak tulisan “add media” dan pilih add image (gambar) atau add video (gambar bergerak).
    4 Cari tulisan Browse untuk menelusuri gambar yang akan anda sisipkan. Gambar yang akan disisipkan anda persiapkan terlebih dahulu dan simpan di Harddisk atau flashdish. Sorot file gambar yang anda tuju lalu klik open. Selanjutnya akan kembali ke papan tulis
    5 Setelah file gambar masuk di kotak browse, Lalu klik upload/unggah.
    6. Setelah gambar yang dilih tampil dan anda setuju dengan gambar yang akan ditampilkan, lalu klik insert/sisipkan pada tulisan.
    7. Ada beberapa pilihan dalam menampilkan gambar pada situs, tapi coba saja dengan setting defaultnya (standar)
    8. Letak gambar dalam tulisan bergantung pada letak kursor dalam tulisan anda. Jadi atur sedemikian rupa agar kursor diletakkan pada tempat yang anda inginkan.
    9. Saya sarankan tulisan yang akan anda tayangkan disiapkan terlebih dahulu dalam format word doc. sehingga anda dapat menulis dengan tenang dan offline. Setelah tulisan dianggap bagus baru pindahkan dengan fasilitas copy paste seperti biasa.
    10. Kalau yang anda maksud adalah merubah design blog. anda dapat meklik templat/design/tampilan. Jika anda menghendaki tampilan gambar kepala yang anda design sendiri, setelah mengklik kotak tampilan/desgn lalu pilih kotak kepala gambar. caranya hampir sama dengan menyisipkan gambar pada tulisan.
    11. Untuk memperindah tampilan blog biasanya menyisipkan fasilitas-fasilitas blog dengan menambah widget yang dapat anda pilih sesuka hati…. oke ?
    12. Jangan lupa postingannya yang menarik dan bikin penasaran orang….dan yang pasti daftarkan blog kamu ke mesin pencari seperti “google search”

    Selamat mencoba

  4. sphinx01 says:

    untuk layanan blog hosting gratis alternatif juga bisa menggunakan layanan blog hosting gratis dari plinplan.net

    Reply :
    Terimakasih Informasinya

  5. widhi says:

    pak…saya mau bikin website, bisa tolong dibantu untuk caranya…

    terima kasih maturnuwun.

    Reply :
    Kalo yang dimaksud dengan website itu blog ya… banyak panduannya, minimal yang saya tulis itu.
    Kalau site (situs) mau disebut juga bagian dari web (jaringan) setelah dibuat blog manfaatkan fasilitas Blogroll atau coba daftar agar masuk ke mesin pencari seperti google search, Caranya ? coba lihat di afatih.com yang saya bikin linknya di blogroll blog ini. Selamat mencoba

  6. 20kv says:

    salam kenal mas

    mas saya butuh masukan tentang halaman word saya, saya lihat halaman web mas bagus sekali.

    silahkan di 20kv.wordpress.com

    info dari mas sangat membantu.
    terima kasih

    salam

    Reply :
    Salam kembali. Kalo yang dimaksud adalah tata tulis seperti “rata kanan” atau “huruf lebih bagus”. Saya biasanya menulis di office word dulu dengan “offline” atau tidak menulis di papan tulisan (pad) yang disediakan untuk menulis oleh wordpress secara langsung (biar ngirit iuran bulanan). Kalau dianggap sudah rapih dan siap tayang baru di copy paste ke papan tulisan blog. Kalo yang dimaksud adalah apa materi tulisan yang akan ditampilkan, menurut saya jangan dijadikan beban berat santai ajah…Anda bisa mulai dengan pengalaman anda di sekolah atau mungkin sebuah pemikiran “nyleneh” /menyimpang dari sebuah konsep teori yang umum digunakan orang…..Tapi yang penting cuek ajah deh..
    Kalo yang dimaksud dengan halaman bagus, banyak kok yang lebih bagus variasinya. Cuma saya berusaha untuk tidak terlalu rame penuh warna….takut mengganggu konsentrasi baca pengunjung…he hehe

  7. ch1k0 says:

    …boz ajarin cara modifikasinya biar tampil menarik,juga ide2 barunya….diriku masih pusing gimana ngutak-ngatik nya hehehe………

    Reply :
    Kalo urusan modifikasi biar menarik sih tergantung selera masing-masing. Tapi yang penting cara memodifikasi itu lebih penting, Coba awali dengan mengutakngatik fasilitas yang ada di Dashbord blognya. Coba pilih design kemudian kemudian klik widget, tampilkan seluruh widget, lihat situsnya….apabila ada yang nggak cocok tinggal hapus lagi ajah. Atau Bikin gambar kepala yang dibuat sesuai selera..lantas kepala templatnya ganti dengan gambar bikinan sendiri. Tentu saja kita perlu lebih banyak lagi belajar tentang aplikasi edit gambar (seperti Adobe Photoshop), Jika ingin menampilkan gambar yang menarik kita bisa mengambil gambar dari situs orang lain….untuk ditampilkan di situs anda, nah… untuk yang ini kita harus belajar bagaimana caranya copy paste kode htmlnya, Namun itulah tantangannya. No body perfect, yang penting berproses kearah perubahan lebih baik. O…ya yang paling penting postingannya yang menarik….”nyeleneh” dan mengundang “kontroversi” he..he…he .Oke ?

  8. colour guard says:

    sebaiknya lebih jelas lagi tentang berwarna merah itu

    Reply :
    Pada saat selesai mengisi formulir isian dan mengklik “daftar”. beberapa saat akan muncul kembali formulir yang telah diisi. beberapa diantaranya ada yang terblok warna merah. Warna merah itu menggambarkan peringatan ada sesuatu yang slah dalam tulisan atau tulisan tersebut telah digunakan oleh orang lain. Itulah sebabnya kita harus mengganti dengan tulisan/kata lain dari yang lain. Setelah diganti dengan kata yang spesifik klik lagi “daftar”.

  9. aei says:

    acemana cara memasukan tulisan/apalah ke wordpress? tolong sarannya ya. kirim ke email saya aei@telkom,net terima kasih

    Reply :
    Sebaiknya kamu bikin dulu blog sendiri….. kalau sudah punya silahkan tulis apapun nyang kamu mao, Oke ?

  10. prambanancellular says:

    mas kok mau ganti kepala halaman gagal mulu kenapa ya apa harus bayar dulu baru isa di utak atik?

    1 lagi ni mau nanya aku mengenai isp. isp di daerah tangerang paling murah apaan ya? kalo isa yang kaya xl corporate yg un limited itu tu…

    Reply:
    Mungkin, format gambarnya yang nggak sesuai dengan yang seharusnya. Coba dengan gambar yang format “Jpeg” Coba lagi deh..

    Wah…kalau yang murah……. nggak ada tuh…! kalau yang paling mahal ada !
    Sekarang dah banyak isp…. yang saya tahu di Bdg ada Cyber colony nya punya Quasar.. Quaar yang kerja sama dengan XL katanya murah.. cuma saya belum coba. Yang saya gunakan speedy dengan ADSL.. Unlimited nya 700 rb…. time based 50 jam 200 rb.

    Katanya sih PLN juga mo nyediain acces internet via jaringan listrik…

    update reply :
    Walaupun masih dibawah kecepatan speedy dan terbatas pada beberapa kota….indosat 3.5G dan flashnya telkomsel…..cukup murah dengan 100-125rb per bln unlimited, buruan daftar ntar kehabisan lho..! dan tanggerang kayanya ada…

  11. dessant says:

    mkasih om atas tulisannya meski tulisannya kaya’ cekeran yam wkwkw…
    ini om mo nanya, site buat bikkin web ato blog gratis tapi nama domainnya g diikutin apa y om??
    misal: dessant.cups gitu, khan g usah pake embel2 yang ngebayarin he2

    Reply :
    istilah/singkatan yang menyertai nama sebuah web site biasa menggambarkan katagori situs yang bersangkutan, misalnya com = comercial, ac.id = academic indonesia, org = organization atau go.id = situs pemerintah (government) di Indonesia. Jika kita ingin nama situs kita diikut dot seperti itu, tampaknya kita harus pesen space server khusus pada penyedianya dan harus bayar bulanan atau mungkin tahunan.

  12. al imron says:

    I am a beginner as a internet user,so I think it’s my chance to explore my knowledge.
    thanks a lot for the guidance.
    see u in my new blog.

    thanks, Regard

    al imron

    Reply :
    Thanks welcome, and congratulation for your new blog, i hope you have interesting article on your blog. Sometime, I visit your blog…

  13. al imron says:

    btw,mas mohon bantuan untuk mebuat website perusahaan..??

    Reply :
    Pada dasarnya membuat website perusahaan sama saja dengan anda membuat blog pribadi seperti yang telah kamu buat. Hanya bedanya dalam design dan informasi yang ditayangkan sangat berkaitan dengan misi dan visi perusahaan. Jika kamu ingin designnya menarik, tentunya perlu dirancang/didesign oleh ahlinya.

  14. hikumala says:

    terima kasih mas atas bantuannya ini loh

    Reply
    sama-sama

  15. hikumala says:

    bagaimana cara membuka email dari pengirim

    Reply :
    Maksudnya membaca surat dari email pengirim ? Kalau itu yang dimaksud, kamu harus buka email kamu dan lihat di inboxnya. Tapi Kalu mau ngebuka email orang lain, wah…. itu nggak boleh sebab sangat privasi kecuali kalau dikasih username dan paswaordnya sama yang punya/

  16. penasaran says:

    thank ya..mas atas penjelasannya sekarang saya sudah bisa memulai membuat blog tapi kurang mahir seperti mas

    mungkin saya akan banyak bertanya kepada mas tapi….. bolehkan????

    Reply :
    Sama-sama…selamat mencoba

  17. asep says:

    Nuhun pisan…kang, setelah membaca tulisan akang akhirnya saya mantap untuk membuat blog sendiri (baru rencana he…)

    Reply :
    Teu nanaon, lebih baik ada niat dibanding enggak ada niat-niat acan mah ! he..he

  18. Endi Saputra says:

    kang Aom, nuhun pisan infona. Ane mau nyoba ah…

    Reply :
    Diantos pisan uleman launching blognyah….

  19. ocools says:

    bisa kah bang buat wordpress d hp dgn opera 4.1 aq kalo pke cum gaa kuat plsanya heheh maklum d kampung ga ad operator yg gprsnya murah gt tq ats bantuanya maju indonesia merdeka

    Reply :
    Wahh…saya kurang paham tentang browsing di HP. Tapi yang saya tahu keterbatasan memori display dan card di HP menjadikan hambatan utama dalam menampilkan halaman situs secara optimal…apalagi penuh gambar berwarna-warni…

  20. tymask says:

    saya bingung dengan wordpress saya, tidak bisa tracking ke google analytics, meebo tak berfungsi, sampai fasilitas untuk advertising pun tidak ada…

    saya tidak menginstall wordpress
    saya hanya sign up dan gunakan sudah 4 bulan terakhir…
    bagaimana ini mas?
    apa kita harus install wordpress?
    ada e-booknya tidak mas?

    mohon bantuannya

    Reply :
    Wordpress memang tidak memberikan fasilitas iklan. Coba anda clik rivermaya.wordpress.com, mugkin bisa membantu….Oke ?

  21. nurin says:

    mau mencoba juga nih. sukses deh untuk kalian yang sedang giat2nya menata blog. cayoooooo

    Jawab :
    Coba deh…! ditanggung asik dan nambah pinter

  22. ivin says:

    yooooo………. rame2 bikin blog. buka iklan sebanyak2nyaaaaaaaaa. usaha sebanyak2nya …….. SUKSES!!!

    Jawab :
    Ok…Sukses kembali…!

  23. syahrial87 says:

    Assalamualaikum wr, wb,,

    Terima kasih pak atas informasinya, udah lama saya mencari-cari gimana cara membuat blog yang gratis. informasi bapak mudah untuk dimengerti bagi saya mungkin bagi teman-teman lainnya juga…

    wassalam,,

    Jawab :
    Ya, mudah2an sekarang anda sedang mengutakngatik blog/situs pribadi….. Selamat ! ditunggu undangan launching blognya…..he…he
    Salam kenal..

  24. andi8lumut says:

    mas, ada ngk blog gratisan selain. http://www.co.cc
    http://www.co.nr
    Yang pake nama pribadi aja.
    trima kasih

  25. Ummi says:

    Wah, penjelasannya sangat mudah dipahami bahkan oleh ibu2 yg gak ada background sekolah komputer sekali pun. Nah ibu2, dari pada rumpi gak jelas, mendingan buka blog, tuangkan ide/koleksi artikel disana. Mudah2an ide/artikel kita bermanfaat utk org lain, tanpa disadari bisa buat tabungan akhirat juga. Manfaatkan yuk! Gak ada kata terlambat selagi ada umur, bu. Makasi banyak Kang.

    Reply :
    Wah…satu kehormatan nih dikunjungi Ummi. Ngeblog memang sangat tidak diskriminatif..siapapun boleh ! dari mulai penganggur sampai profesor bahkan…rektor unpad (kang ganjar) pun ngeblog..
    berbagi pengalaman dan pengetahuan….bisa jadi menambah silaturahmi…

    Dan tulisan kita relatif lama….bertahan. Mungkin saja tulisan yang kita baca di internet, orang yang menulisnya dah meninggal puluhan tahun lalu…tapi sumbangan ilmunya tetap masih kita manfaatkan sampai sekarang…

    kapan mi saya bisa berkunjung dipelabuhan blognya ?

  26. hendar says:

    thans, atas informasinya smoga dapat bermanfaat bagi kita semua. ammin

    Reply :
    Sama-sama, ditunggu undangan launching blognya….atau malah sudah ?

  27. enos says:

    makasih ya mas madja atas bantuannya…
    akhirnya saya punya blog sendiri…

    Reply :
    Oks,……kapan saya bisa berkunjung….?

  28. tm11 says:

    tulisan Bapak sngat membantu, saya ucapkan terima kasih banyak.

    Reply :
    Alhamdulillah, saya tunggu undangan launching blognya dengan tulisan yang kreatif, Ok ?

  29. W7 says:

    Thank`s yo Mas, panduannyanya tepat banget…

    Reply :
    Thank,s welcome……Kita bisa optimalkan blog kita dengan fasilitas lainnya seperti adsense misalnya..Belajar dan belajar…..di situs lain sangat disarankan…ok salam buat keluarga

  30. ady says:

    thanx yach mas atas infonya,,,aku uda buatin blog,,,smua atas petunjuk dari mas.. moga amal bakti di terima di sorga nanti

  31. r_hambali says:

    mas, terima kasih telah membuka jalan bagi saya untuk memulai menulis. tapi, ada usulan ga, kalo mo buat blog gratis pake nama sendiri, tanpa ada embel2 lainnya? thx

  32. Kang Aom says:

    @ r_hambali

    sebenarnya kalao kita sudah mulai produktif menulis dan menarik untuk dilihat orang membuat situs berbayar yang murah juga banyak dari 50 rb samapai dengan ratusan ribu pertahun bergantung space server yang kita pesan. Coba deh googling. Hanya biasanya buat sebelum berbayar …blog aja dulu

  33. abesurbakti says:

    gile…akhirnya bisa juga bwt blog, tapi masih standard banget..hatur nuhun pisan yah kang. gw mo jualan ney. bisa bantu?
    mau ngerintis usaha stoberi di kota preman.
    ini medan lae…

    salam

    Reply :
    Ya deh…selamat ! moga berhasil bisnisnya. Coba tulis tentang stroberi….dan hias blog dengan widget yang ada…..horass lae..! Bulan kemarin aku ke medan lalu Berastagi…persis Lembang….banyak buah2an

  34. danysha says:

    saya bingung untuk membuat blog,
    saya sudah buka wordpress.com cuma yang mana yang harus aku daftar,,???
    tolong bantuannya saya ingin mencobanya
    trims..

    Dari Kang Aom :
    Di halaman utama wordpress.com dikanan atas klik tulisan “DAFTAR SEKARANG” atau “SIGN UP NOW”. selanjutnya ikuti formulirnya. Dan jangan lupa sebelum daftar harus punya alamat email dulu.

  35. berwaddin says:

    thanks mas…!

    gw dah pnya blog sekarang. hehehehe

    salam

    Dari Kang Aom :
    Thanks dan salam kembali. moga bisa jadi media ekpresi pikir

  36. arif says:

    ok
    thanks ya udah tahu sekarang aq buat blog di wordpress.
    ok, klo ada kesulitan aq e-mail akang aja ya! ok

    Dari Kang Aom :
    Ok…..coba buat..klo kontak ke aombandung@yahoo.co.id

  37. knasution says:

    Salam kenal…
    Tks bang,tulisannya udah bantu saya membuat blog
    Pertanyaan saya : Bgmn caranya mengatur tampilan seperti website2 umumnya. Maksud saya seperti membuat window2 :home,berita,gosip..dll
    Sebelumnya saya ucapkan Tks banyak

    Dari Kang Aom :
    Ketika menulis (posting) pertama defaultnya diberi katagori “uncategory” /tak berkatagori. Jika kita ingin tulisan tersebut dimasukan kedalam kategori seperti berita, gosip atau lainnya, maka kita harus menambahkan katagori dengan mengklik “tambah kategori” atau “add new” yang terletak dibawah tulisan kamu itu. Kalau sudah menulis nama katagori yang diinginkan, jangan lupa memberikan tanda pada v kotak kecil di depan nama katagori yang telah diciptakan itu.

  38. Pingback: panduan membuat blog gratis « Hudaazzuhri’s Blog

  39. muhammad yeyen says:

    wah…artikelnya bagus buat saya yang masih pemula,jujur saya baru terjun kedalam dunia blogger kira2 empat hari ini dan alhamdulillah saya suda bisa membuat blog di blogger.Tapi pengen buat di wordpress buat nambah pengalaman saya dalam dunia blog.buat kawan2 semua tolong dikoreksi dalam blog saya cos saya masih butuh saran dari kawan2.blog saya muhammadyeyen.blogspot.com,dan untuk kang aom,saya minta sarannya ya..dikirim lewat email saya dech

    Dari Kang Aom :
    Terimakasih….Coba aja di wordpress. Selamat datang di dunia blogger..ditanggung mengasikkan..nambah elmu

  40. wahediyah says:

    Terimakasih atas bantuan nya, berkat artikel yang anda buat saya jadi punya blog … terima kasih dan mohon panduan dan bimbingannya lebih lanjut…

    salam

    Dari Kang Aom :
    Oke, terimakasih kembali…Ya…saya coba bantu sebisaku..sambil anda juga berkunjung pada berbagai blog sebagai pembanding…..dan jangan takut untuk mengklik widget blog lain. Karena bisa jadi itu fasilitas gratis yang bisa anda manfaatkan juga

  41. tika says:

    cra biar bsa d gnti tulisan na gmn?????????

    Dari Kang Aom :
    sign in dulu di wordpress.com. Pilih dasboard. disana banyak pilihan edit yang kamu perlukan…oke ?

  42. kiddy says:

    Hatur nuhun, maturnuwon, Gracias, Merci, Thaks a lot Kang Aom,
    for ur advice, eventhat i’m still learning how to sign in and how to put my writing but i can manage it.

    best regards for sharing ur knowledge,

    kiddy

    Dari kang Aom :
    Pertama anda masuk ke situs wordpress.com. ketikan username dan paswordnya… lalu pilih ( Klik) “Tulisan Baru” yang ada di kiri atas. Untuk mengelola semua blog anda (edit template wajah blog, taut, halaman dan lain-lain) pilih dashboard. Tulisan/postingan bisa anda ambil dari tulisan yang telah disiapkan sebelumnya dengan copy paste biasa….oke?

  43. atcy says:

    ga nyangka akhirnya bisa juga bkn blog, tapi masih standard banget..plece bantuannya lagi saya op disebuah warnet OP kelas O masih awam tentang ini itu mohon bimbingannya lagi. terima kasih.

    Dari Kang Aom :
    Selamat !!! Tulis dan postingkan aja apa yang ada dalam pikiran mu…Negara kita udah bebas berekspresi kok …Ok ?

  44. endjol says:

    Mas…ajaren DwooooNk….Klo ga buatin….HeHe

    Dari Kang Aom :
    Siap….! untuk awalnya lihat panduan aja dulu oke ?

  45. pusporjayafoundation says:

    kang aom thx infona
    udah di coba nich…..
    masih baru …….
    maen2ke blog ane ya pusporjayafoundation.wordpress.com
    THX………

  46. makasih udah bantu saya yg sedang belajar membuat blog gratis buat bisnis online gue!!!!!!!!!!

  47. rita says:

    commat kenal admin,blognya bagus dan menarik semangat para blogger,untuk kemajuan besama.tp alexsa saya masih page Rankings 3

  48. kutukaku says:

    jgan lpa d buka y blog saya….

    mksih…

  49. chritis46 says:

    wah bang tulisannya bagus banget sekarang saya sudah punya blog sendiri dan udah mulai menulis tapi kang saya punya 1 pertanyaan bagaimna agar gambar diri kita bisa nampak di pengaram di blog atau di blog saya eh……….kapan-kapan kunjungi blog saya ya di http://chritis46.wordpress.com
    makasih bang

    Dari Kang Aom :
    Selamat,..anda sudah punya blog…!
    Kalo yang dimaksud ada gambar diri di blog
    1. Di pengarang : pilih theme/template desain blog yang memungkinkan menampilkan foto pengarang..
    Caranya : pilih Dashborku lalu klik pengaturan, klik blog picture lagu browse/telusuru file gambamrvxc yang ada di harddisk atau flash disc.
    2. Dikepala blog : pilih/template desain blog yang memungkinkan menganti kepala situs sesuai dengan desain yang disiapkan oleh anda (tidak semua template/design dapat diganti kepalanya…
    Caranya : Didasbor, pilih Tampilan, theme. Coba-coba aja jangan takut !

    Wah mo berkunjung gimana….alamat URLnya nggak ditulis di komentarnya….jadi nggak bisa langsung ngeklik…
    Ok ?

  50. chritis46 says:

    makasih kang sekarang saya sudah bisa

  51. Kang saya udah daftar. di worldpress.
    udah saya sing up.Terus saya isi kotak pertayaan,dengan nama saya dan yang lain saya udah coba,tapi tetap gak bisa.kang
    terus gimana nya cara Nya ? ……………………..

    Dari Kang Aom :
    Coba sign up ulang dari awal….masuk pada http://id.wordpress.com
    sandi/password minimal 6 huruf atau angka

  52. juned says:

    Waah… ngisi username nya susah banget sampe sekarang ga bisa. biarpun pake nama unik sampe diunak-anik tetep ga bisa.
    sampe nama yang ngaco-ngaco tetep aja. gmana ya…?

    Dari Kang Aom :
    Pengguna Blog memang jutaan…jadi ada kemungkinan username yang akan gunakan sudah dipakai oleh orang lain. Untuk memperkecil kemungkinan adanya username yang sama biasanya ditambahkan angka atau kombinasi dengan angka.
    coba deh….

  53. juned says:

    udah dapet username nya, password nya ga pernah bisa dimasukan. Gimana niiiih…. Password nya pake password nya email aku yg valid kan…???????

    Dari Kang Aom :
    Password harus lebih dari 6 karakter dan tidak hars terpatok dengan password email yang sudah ada. Coba gunakan pasword yang dikombinasikan dengan angka.

    O..ya jangan lupa buka emailnya untuk membaca surat konfirmasi dan aktivasi blog yang dibuat… ok.
    Semoga berhasil…dan kalo berhasil kasih tahu saya lagi….sip…..selamat ngeblog..

  54. pancawala says:

    SAYA INGIN MERUBAH DESIGN BLOG SAYA TAPI TIDAK BISA2. KATANYA DIHALAMAN ITU ADA TULISAN UBAH WADAHAN/TAMPILAN/TEMPLATE, DISITU GA ADA. MOHON ANDA MEMBERIKAN PEMBELAJARAN YANG LEBIH JELAS, BILA PERLU DITAMPILKAN CONTOH GAMBAR HALAMAN & PETUNJUK JELASNYA. BIAR ORANG LBH BISA MEMAHAMI DALAM BELAJAR

    Dari Kang Aom :
    Coba langkah ini :
    1. sign in, 2. klik dasbord, 3. klik tampilan, 4. pilih template yang diinginkan, 5. klik tulisan “aktifkan [nama template]….
    Perubahan Tampilan, biasanya merubah setting widget, Jadi kopi dulu kode-kode teks sebelum merubah tampilan…Ok
    Coba lagi deh…

  55. prayaj says:

    thaks bosss berkat panduan ini saya kini dah punya blog and bisa cuap cuap di dunia maya 1x lagi thanks,tapi masih bingung nih mau nulis apa.

    Kang Aom :
    Coba dimulai dengan pengalamanmu…Ok ?

  56. Hasmi says:

    thank’s for you…..
    it’s oke…. very good

  57. diajengdjogdja says:

    thanks infonya semoga dpt pahala ;), inyong agak bingung, napa blognya kagak muncul di search engine ya? trus untuk pemula, ebook mN yNG Bagus..? tq bgt yach..

  58. dedi says:

    Makasih kang Aom saya udah belajar banyak dari blognya dan sekarang saya dah punya blog dan saya masih butuh bantunnya untuk setting dan memperbaiki tampilan lainya supaya enak dilihat. sukses selalu kang biar tambah maju…

    Dari Kang Aom :
    Selamat..! Untuk menambah cantik blog…banyak berkunjung ke blog lain…Cari fasilitas untuk tampilan blog yang gratisan. Sekali lagi selamat !

  59. ahmad says:

    wah….
    terimakasih ilmunya

  60. najib says:

    koq sulit ya…

    Dari kang aom :
    ah..masa sih..coba ulangi lagi..

  61. rana says:

    Mas…blognya kalo ut jualan boleh gak?

  62. Kang Aom says:

    Untuk Rana :
    Boleh…bebas kok..

  63. sitha says:

    kuk gaj jad2 seeeh…….
    ktnya harus nunggu selama 30 menit,truz ada pmberia tauan di emailnya.tp kuk ngGak ada??????????????????????????????????????????????
    klu blm ada,brarti blm berhasil Kan?????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  64. Kang Aom says:

    Coba lagi, masa sech…
    mungkin salah ngetik emailnya..ato mungkin waktu pengiriman pendaftaran akses internet lagi lemot…a

  65. qhand says:

    kalo kita udah punya blog disini setiap orang yang buka blog kita kita dapat uang ga dari internet ini. klo iya gimana uang tersebut nyampai ke kita. thanks

  66. Anonymous says:

    Informasi anda sangat bermanfaat bagi yang menaruh perhatian dan terima kasih sesudahnya

  67. Kang Aom says:

    @ Qhand : Ada beberapa penyedia server (hosting) seperti Blogger yang memberikan fasilitas /fitur untuk dapat dipasangi iklan di blog kita, setelah anda mennyampaikan aplikasi (misalnya ke google adds, atau Camps adds). Uang yang anda terima bergantung pada jumlah pengunjung di blog kita yang mengklik display iklan yang terpasang. Teknis aplikasi dan pembayarannya bisa anda klik di google adds atau camps adds. Hanya perlu diketahui wordpress gratis sampai saat ini tidak mempunyai fitur untuk dapat dipasangi iklan dari google add. Tapi anda bisa memasang iklan dari add camp coba kunjungi situsnya. Banyak cara untuk memperoleh uang dari blog, tidak hanya memasangi iklan. ziddu.com misalnya menyediakan imbalan jasa dari setiap download dari file yang anda simpan di servernya.

    @ Anonimous : sama-sama, sebab informasi sekecil apapun yang kita tulis dalam blog mungkin bermanfaat buat semua. Paling tidak kita dapat mengekspresikan apa yang ada dalam pikiran kita..amien

  68. anita says:

    thank yu y pak, tapi saya masih dikit bingung nih, next time tanya lagi ya…

    Dari Kang Aom :
    Thank’s welcome anita…OK mudah-udah berhasil…

  69. Risal says:

    Postingan kawan sangat bermanfaat…

  70. doerjatie says:

    THANK YOU VERY-3 MUCH……

  71. yogabama says:

    kang, makasih infonya aku jadi bisa bikin blog. gmn kang bikin menu n gmn menghubungkan 1 blog dg blog lainnya? THX

  72. Kang Aom says:

    @ Risal, doeyatie dan Yogabama : Terimakasih kembali. Untuk menghubungan blog anda dengan blog yang anda anggappenting untuk dilihat oleh anda maupun yang lain gunakan fasilitas blogroll atau taut..Silahkan coba-coba di Dahborad anda dan pilih fitur yang membuat blog anda lebih menarik perhatian. Dan jangan lupa untuk selalu berkunjung pada blog lain..dan perhatikan fasilitas (widget) yang mungkin menarik dan gratis untuk juga ditempel di blog anda..Contohnya “live traffic feed” yang saya tempel di blog saya. klik saja !

  73. zumyharjon says:

    mac, gmn cih caranya untuk membuka halaman awal blog kita biar kata bisa mbuat tulisan2 gitchu…. Atau sign in nya gmana? Trimz…………

  74. Kang Aom says:

    @ zumyharjon :

    JIka sudah punya blog..dan kita mo buat tulisan/artikel/postingan, kita mesti sig in/log in dulu. masuk aja ke http://worpress.com, lalu sign. setelah itu akan muncul kata tulisan baru atau new post lau klik. Tulis artikel pada bidang yang disediakan. Anda juga bisa menyisipkan atau me link tulisan anda dmvxcengan memanfaatkan toolsbar yang ada di bidang tulisan tersebut (anda juga bisa copy paste dari tulisan anda yang sudah jadi) lalu jangan lupa save atau terbitkan.

    Untuk melihat tulisan klik judul blog anda atau tulisan lihat situs, setelah di klik akan langsung menuju halaman (home page) blog anda.

    Untuk membuat halaman baru anda bisa lihat di dashboard….silahkan anda coba-coba sampai anda faham setiap fasilitas yang disediakan wordpress agar bloganda lebih menarik untuk dilihat…ok ?

    Selamat berexperimen…Salam

  75. arifarmywibowo says:

    Mas, boleh di copy ke blog aq y….

  76. Kang Aom says:

    @ Ariffarmywibowo

    Silahkan

  77. anysha says:

    mas, kalo kita uda selese buat blog, trus cara buka blog kita lagi gimannaaa?makasih……….

  78. anysha says:

    mas, pokoknya dijawab ya…. so’alnya aku blom tahu apa-apa tentang bikin blog, tapi nguebet buanget jadi blogger! hehe………

  79. Asep Nurjaman says:

    Kang Gimana sih buat Blognya, udah saya coba beberapa kali untuk kata sandinya gagal maning wae yeuh… Cik atuh bantuan kang…..

    DI tunggu informasinya

  80. Kang Aom says:

    @ Anysha :
    1. untuk melihat blog kita ketik di kotak alamat URL browser misalnya : http://anysha.wordpress.com.
    2. Kalo mau mengedit/atau mengutak/posting isi blog. klik http://wordpress.com —-i> login d=dengan isikan username dan passwordnya.

    @ Asep Nurjaman :
    1. coba gunakan sandi yang lebih spesifik dan jangan kurang dari 8 huruf/angka.
    2. Jangan gunakan sandi dengan tanda baca, seperti koma, titik, tanda tanya atau seru.

    Selamat mencoba lagi..kalo udah berhasil kasih tahu lagi yah..

  81. Asep says:

    Asep Nurjaman

    Alhamdulillah kang Aom, udah terlaksana bikin blognya ni.
    Gimana caranya Kang agar tulisan hunting nggak muncul pada blog saya.

    nanti di edit ama orang lain

    contoh:
    MEREKAYASA FOTO DENGAN ADOBE PHOTOSHOP
    September 15, 2009 — Asep | Sunting

  82. Asep says:

    Asep

    Asep Nurjaman

    Alhamdulillah kang Aom, udah terlaksana bikin blognya ni.
    Gimana caranya Kang agar tulisan hunting( maaf Sunting) nggak muncul pada blog saya.

    nanti di edit ama orang lain

    contoh:
    MEREKAYASA FOTO DENGAN ADOBE PHOTOSHOP
    September 15, 2009 — Asep | Sunting

  83. Kang Aom says:

    @ Asep :
    1.Selamat yah..udah berhasil.
    2. Tulisan Sunting dibawah atau diatas postingan kita akan hilang dengan sendirinya kalo kita udah keluar/sign out.
    3. jika kita udah selesai mengupdate blog/posting artikel…Jangan lupa untuk selalu mengklik sign out/keluar. Apalagi kalo kita menggunakan komputer warnet…

  84. Joeprix says:

    Alhamdulillah….
    Terima Kasih Kang Aom.
    sekarang saya juga punya blog sendiri.
    tu semua berkat jasa Kang Aom yang memaparkan ilmunya lewat artikel yang di pasang pada blognya.. tapi rasanya blog saya masih terlalu lugu kang.. belum ada kolom-kolomnya, seperti Home, daftar pengunjung, foto, design Judul dan lain-lain.
    saya tunggu yaa…. artikel Kang Aom yang memuat design blok..
    terima kasih..
    lemah teles, gusti Allah yang balas…

    Dari kang aom :
    Amienn makasih.

  85. camcy says:

    brother ajarin aku buat blog atau website ya…..
    kirimin caranya ke emailQ yahhh…
    thank full…..

  86. Kang Aom says:

    @ Joeprix
    Halaman Home/beranda biasa disediakan otomatis oleh wordpress. Jika anda ingin menambahkan halaman sesuai dengan keinginan kamu, coba klik tulisan halaman dengan judul yang anda inginkan. masuk ke dashboard dan klik fasilitas yang anda tulisan “halaman” disana akan ditawari membuat halaman baru. Jika anda ingin menyimpan koleksi foto coba gunakan widget flicker yang disediakan wordpress fitur widget.

    Design judul kepala yang sudah anda rancang, klik thema dan cari kata ganti gambar kepala (tapi tidak semua thema menyediakan fasilitas desig kepala costumize), jadi cari thema/design yang menyediakan fasilitas ganti gambar kepala. caranya lihat jawaban pertanyaan yang sama sebelumnya.. OK ?
    selamat bereksperimen…

    @camcy :
    caranya dah ditampilkan disini…kalo perlu arsip kopipaste aja…ok ?

  87. salam kang.
    saya udah buat blog.
    tp saya masih bingung,gmn caranya menampilkan gambar di blog saya?
    coba akang berkunjung ke blog saya tfkrhmn.wordprees.com
    hatur thank you.
    wasalamik

    Dari kang aom :
    semua fasilitas termasuk menampilkan foto pada postingan (artikel) ada di halaman dashboard..coba utak atik dashboardnya..OK ?

  88. fitrina says:

    mw d cb akhh….

    dari kang aom :
    Coba deh…pasti lebih menantang di banding FB

  89. ekoyudianto says:

    makasih om atas infonya. blogku dah jadi tapi bingung gimana cara ngisi blognya. maklum GAPTEK om. he he he………………
    Tolong ajarin dong om.

    Thanks

    Dari kang aom :
    Log in terus klik dashboard…atau baca komentar-komentar sebelumnya ok ?

  90. henihenul says:

    terimakasih ya…. suangat membantu banget….

    Dari kang Aom :
    Sama-sama mudah2an ekpesi pemikirannya tersalurkan..

  91. chokazh says:

    makasih buat kang Aom yg ud kasih panduan gratis cara bikin blog……

  92. iwanerawadi says:

    thanks, saya ud bikin blognya n berhasil tp kayaknya ga bisa bikin iklan ya mas, situs blog apa yang bisa iklan ?. trims

  93. kang aom says:

    @ Chokazh : Makasih kembali
    @ Iwanerawadi : betul wordpress memang tidak bisa dipasangin iklan. yang bisa antara lain blogspot.com/blogger.com

  94. dwiantoro99 says:

    kumaha cara login gambarke gabar tajuk. gambar ada di arsip email. trimss

  95. Kang Aom says:

    @ Dwi antoro :
    1. Gambar yang akan dipasang di simpan dulu di hardisk komputer atau flash disk.
    2. Masuk ke dashborh dan pilih menu tampilan/performance selanjut nya klik pilihan yang ada diatas…Head/gambarkepala.
    3. Ikuti petunjuknya.

    Catatan : tidak semua design templat blog dapat di costumize gambar kepalanya.

    Selamat mencoba

  96. PABX MURAH says:

    terimakasih atas infrmasinya ya ;-)

  97. dwiantoro99 says:

    mANG aOM cARA NERBITIN GAMBAR DIBLOG KUMAHA YA??

    dari kang aom :
    Setelah selesa menulis klik feature tambahkan gambar yang ada di atas papan tulisan, selanjutnya ikuti petunjuknya. Selamat mencoba. Nuhun

  98. chaca says:

    hayy…….bantuin dong!!!
    gmana ci cara biyar blog qta ada dgoogle?
    soalnya w baru buat blog ne!!pusing….

  99. taufik says:

    Saya ucapkan salam kenal..
    artikel akang sangat bagus.. gara-gara artikel ini, saya sudah bisa membuat blog. meskipun masih acak-acakkan. terimakasih…maen kang ke blogku…tp masih banyak kurangnya…

  100. sofishy says:

    dah bikin blog ssuai instruksi..dah ganti theme..truz d apain lg..??blm trlalu ngerti kang..help me ..hehe.. :p

  101. kang aom says:

    @ sofishy : coba tulis apa yang ada dipikiran…

  102. inayaa says:

    Minta panduan mengatur template dong! Terimakasih.

    Dari Kang Aom :
    Coba Masuk ke dashboard, kemudian klik Tampilan dan pilih thema untuk ganti templat atau pilih widget kalo mau tambah fitur blog

  103. ma’ kasih infonya, bisa nambah ilmu

    dari kang Aom :
    Makasih kembali…semoga bermanfaat

  104. memed says:

    lagi mampir kang…..kapan2 mapir juga ke blog ku..dulu blajarnya dari akang..nich dah bisa dilihat hasilnya..tapi masih banyak kurangnya,.. http://mesinmemed.blogspot.com

    Dari Kang Aom :
    Selamat yah…kita sama-sama belajar.

  105. warto sawir says:

    artikel anda sangat bagus ringkas mudah dimengerti simpel tapi bobot. uraian anda menjadkan saya lebih terpacu tuk buat blog lebih baik lagi, Terima kasih banyak uraianya. S ukses selalu.

  106. Pidin says:

    amazing! thx gt mas, sy sungguh terbantu, jawaban2 bagi komentator pun sy rasa sebagai tips yang bisa lebih menguasai cara membuat blog dengan lbh canggih n cepat, thx mas y

    Reply :
    Sama-sama kang Pidin, semoga berhasil. Pada tahap lebih lanjut anda bisa membuat blog misalnya di Blogger.com

  107. Boby Candra says:

    Terima ksih atas infonya…

    Agan bisa mendownload buku panduan tutorial dan trik terbaru hanya di http://www.carapemula.wordpress.com

  108. Aom Kris says:

    @ Bobby Candra : Terimakasih atas kunjungan dan referensinya.

  109. kukuh budiharso says:

    bagus artikelnya. salam kenal dari http://budiharso.wordpress.com

  110. artikel x bagus
    akhirnya saya bisa mempunyai blog..
    thanks kang Aom..?
    kunjungi blog saya
    http://rizkysamudera99.wordpress.com

  111. Aom Kris says:

    @ Kukuh dan rizky :

    Terimakasih. kunjungannya dan selmat atas blog barunya, say pasti berkunjung sekali lagi tengkyu

  112. sofia4adnan says:

    artikel nya bagus… makasih y…:)

  113. Aom Kris says:

    @ Sofia4adnan : Makasih. Salam

  114. Anonymous says:

    langsung gue coba nih…

  115. ayah ical says:

    izin kutip artikel bos,.. newbie http://www.kabarayah.blogspot.com thanks

  116. Krisdinar says:

    @ Ayah ical : Silahkan

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: