RSS

Geng Motor Remaja/Cross Boys dalam Sejarah Kota Bandung

12 Mar

Update :

 Pengantar

Begitu banyaknya respons pada postingan ini, saya menganggap perlu menyampaikan beberapa hal bahwa   Postingan ini sama sekali tidak bermaksud menyudutkan  atau memberikan penghormatan pada perilaku kelompok remaja/genk tertentu.  Saya hanya melihat dari keberadaan “genk” dan suasana sebagian remaja Bandung tahun 70’an yang saya tahu, oleh sebab itu  bisa jadi terdapat perbedaan sudut pandang dan pengetahuan pada kondisi remaja Bandung waktu itu.  Saya berusaha jujur pada suasana psikologis  umumnya remaja Bandung waktu itu.   Mungkin tokoh-tokoh yang saya tulis dipostingan ini sebagian  sudah meninggal, oleh sebab itu saya mohon maaf kepada semua pihak yang namanya tertulis baik yang bersangkutan maupun keturunannya.  Bagaimanapun tokoh yang ditulis di postingan ini  saya anggap telah memberikan makna pada dinamika kota Bandung.

———–

Remaja memang tidak pernah sepi dari dari berita koran, TV, majalah sampai gosip yang menyebar dikalangan masyarakat yang sering nangkring di warung kopi pinggir jalan. Berita tentang aktivitas geng motor remaja di Bandung adalah gejala perubahan sosial yang mengarah pada perilaku kriminal yang mengganggu ketenangan masyarakat umum. Kita jadi enggan berurusan dengan mereka tatkala kendaraan yang kita tumpangi bersenggolan dengan kendaraan yang digunakan remaja. Rasa takut dikeroyok teman-temannya adalah alasan utama untuk menghindari selisih paham dengan mereka.

Pengeroyokan oleh sekelompok remaja yang mengarah pada kekerasan fisik kerap kali terjadi di Kota Bandung.  Barangkali dalam benak mereka kekerasan adalah simbol keberanian dan eksistensi mereka di suatu kawasan tertentu.  Seorang remaja tidak akan pernah mau berhadapan dengan lawan konfliknya tanpa ditemani beberapa teman dibelakangnya. Ironis memang simbol keberanian muncul apabila dilakukan secara berkelompok atau keroyokan.

james-deanPada era tahun 60 s/d 70 an di Bandungpun pernah menggejala geng remaja, hanya istilahnya saja yang berbeda. Istilah geng remaja pada saat itu disebut “cross boys” (remaja dipersimpangan jalan). Saya sendiri belum paham benar apakah istilah crossboys menandakan bahwa remaja-remaja waktu itu sering nangkring dipersimpangan/pinggir jalan atau menunjukkan simbol sedang mencari identitas diri ?.  Faktanya memang para remaja Bandung  dulu sering juga nangkring dipinggir jalan sambil bermain gitar dan bernyanyi rame-rame.  Barangkali remaja tahun 60 – 70 an Bandung masih ingat geng remaja beken di Bandung antara lain Buahbatu Boys Club (BBC) yang legendaris. Sesuai dengan namanya BBC memang berpusat di kawasan Jl Buahbatu dan sekitarnya  atau “AMX”  kumpulan remaja Jalan Gatot Subroto.

beatles21BBC  berawal tahun 1956-an lalu,  saat sekelompok anak muda di  sekitar Jalan Buahbatu seperti  Atang Suherman, Daace, Jhon Syahrir, Tosin, Rudi, dan Ahyad membentuk klub binaraga yang diberi nama Buahbatu Barbell Club yang disingkat menjadi BBC.  Di pertengahan dekade 50-an, binaraga memang begitu tren di kalangan anak muda saat itu.  Drs Mahpudi SIK MT dalam tulisannya di terbitan perdana majalah BBC menyebut tren ini terinspirasi aktor James Dean yang film-filmnya begitu digemari anak muda saat itu.

stones2Namun, pada dekade 60-an ketika tokoh-tokoh lama seangkatan Daace sudah mulai tua, tampilan macho ala James Dean rupanya pelan-pelan tak digemari lagi, terrmasuk oleh kawula muda Buahbatu saat itu.  Mereka lebih terpengaruh budaya flower generation yang dibawa grup band legendaris The Beatles dan The Rolling Stones.  Buahbatu Barbell Club terasa tak tepat lagi.

Generasi kedua seperti  R. Daman Hendarman yang kini tinggal di Belanda, Ammi S,  Adang Farid, Jayasupena, Ace Aladin, Manaf Saefudin, Hari Koesnadi, Toto Koesnadi, dan lain-lain akhirnya mengubah nama itu menjadi Buahbatu Boys Club yang singkatannya tetap saja sama, masih BBC.  Kata Boys dari BBC menunjukkan bahwa BBC adalah kelompok khusus laki-laki. Kalaupun terlihat ada perempuan ketika berkumpul pada acara tertentu, tidak lebih hanya karena pacar atau teman akrab,  bukan anggota BBC.

R. Daman Hendarman

Di era ketokohan Daman  ini pula muncul nama-nama sohor BBC lainnya seperti Tusye, Ade Memous, Tonton (Sulthon), Kenken, Pipit, Uce Patrom, Kamar, Didin Kuntung dan banyak nama lainnya yang kemudian membuat nama BBC kian disegani.  Nama-nama inilah yang kemudian dikenal sebagai generasi ketiga.  Sejalan dengan kewibawaannya, BBC  menjadi “trend setter” sehingga jumlah yang ingin ikutan pun semakin banyak dan meluas tidak terbatas remaja di Jalan Buahbatu.   Pada generasi inilah  grup-grup kecil di kawasan sekitar Buahbatu bermunculan, yang kemudian  grup-grup kecil yang saat itu berkembang diresmikan menjadi “smallgroup” yang bernaung di bawah BBC.

“Aktvis” BBC  terus berkembang tidak hanya laki-laki tapi juga perempuan, oleh sebab itu   kepanjangan BBC oleh generasi berikutnya diubah menjadi Buahbatu Corps.  Kata Boys dihilangkan supaya tidak terkesan khusus laki-laki.   BBC saat itu berkembang layaknya    jaringan kelompok kawula muda di sekitar Jl Buah Batu.   Hal ini dapat dilihat dari setiap acara atau upacara BBC  saat itu selalu memajang bendera-bendera  “smallgroup”  secara berjejer.  Rasa hormat pada senior BBC dari para adik-adik generasinya  dan smallgroup menggambarkan BBC adalah sebuah organisasi yang sangat mengedepankan loyalitas dan kesetiaan penuh dari para anggota pada “pimpinan”  yang diseganinya.  Entah teori kepemimpinan (leadership) apa yang diterapkan tokoh BBC pada waktu itu, tapi yang pasti sangat efektif membentuk persaudaran yang solid dan loyal antar aktivisnya.

Biasanya remaja waktu itu mendirikan pula geng-geng kecil yang menginduk pada geng besar seperti BBC antara lain  Oyster (Jl Kerang dan sekitarnya) , Phanthom (Jl Kancra dan sekitarnya), Bachelors (Jl. Pelanduk dan sekitarnya), Barrolls (Jl. Buahbatu Dalam dan sekitarnya), GI (Jl Lele dan sekitarnya), Macho (Jl. Macan dan sekitarnya),  Melos (Jl. Lodaya ),  Alcatraz.  Geng-geng kecil inilah kemudian disebut sebagai “smallgroup” nya BBC  yang disadari atau tidak membentuk organisasi yang bersifat  “federasi

Kita juga masih ingat crossboy dari kawasan Jalan Gatot Subroto “AMX“,  singkatan dari Anak Muda Xavaleri.  Bisa jadi karena di Jl. Gatot Subroto memang ada komplek tentara korp kavaleri.  Adapula crossboy Pathorados dari kawasan Jl Patrakomala dan Tongkeng. Hampir sama dengan AMX kelompok ini lahir di kawasan komplek militer (istilahnya waktu itu anak kolong).  Geng geng  ini juga cukup disegani karena keberaniannya.

Pada tahun 1950-an, geng Tiger Mambo sangat terkenal di kalangan crossboys. Para remaja yang umumnya etnik Ambon “Indo-Belanda” itu biasa mangkal di sekitar Jln. Riau (Jln. L.L.R.E. Martadinata sekarang). Mereka sangat disegani karena anggotanya pemberani dan jagoan berkelahi. Pada masa berikutnya, di kawasan Jl. Cipaganti dan sekitarnya, ada pula geng remaja yang disegani, mereka dikenal dengan nama “Boxty“. Para anggotanya bukan sekadar pemberani, tetapi memiliki keterampilan  tinju, karena mereka petinju-petinju amatir.

Memasuki periode 1970-an bermunculan pula geng-geng yang mengukuhkan diri sebagai jagoan-jagoan Bandung. Di kawasan Jl. Cikaso muncul geng “NC” (New Chicago)  Kang Budiarto Soeparma adalah salah satu dari pendiri dan dedengkot yang membesarkan “NC” ini. Di  Kawasan  Cicadas memiliki geng “Dollars“.  Namun demikian,  tidak semua geng di Bandung mengidentifikasikan diri sebagai komunitas jagoan atau kekerasan.  Di kawasan Dago misalnya pernah ada geng  “CD” (Corps Dago). Gank yang disebut  “CD”  ini dianggap pada waktu itu sebagai komunitas remaja elite yang mengukuhkan diri bukan sebagai jagoan, tetapi playboy, penggoda atau pemburu wanita.

Di daerah Jl Cipaera (kosambi) juga ada genk yang namanya KOBRA, nama ini menurut beberapa sumber merupakan singkatan dari nama pendiri dan sekaligus ketuanya yaitu Kopral Bratamanggala.

Di tempat lain diseputaran  daerah terminal KebonKalapa terbentuk pula  kelompok yang terkadang sebutan atau nama geng  membuat kita tersenyum geli karena namanya yang lucu seperti “Agothax” (anak gondrong tak berotak),, “Agedud” (anak gembel Gg Dudukuy), “Cola” (cokor ladog/suka mengembara). Di daerah Cikuda Pateuh ada geng  Gheghares (sedang makan,  grup ini berdiri di sekitar Jl. Karees) ).   Dilihat dari nama-nama geng tersebut memang mengarah pada interpretasi kekerasan, penyimpangan sosial walaupun bisa jadi perilaku anggotanya tidak selalu berbuat seperti apa yang digambarkan nama genknya, karena hanya sekedar terbawa arus trend remaja “amrik” pada waktu itu.   Kecuali genk “Cinta Asih” (Jl. Cinta Asih) namanya lembut tapi “sangar” nya bukan main waktu itu.   Apabila kita punya “feeling” yang cukup kuat dan hafal kawasan Bandung ,  nama geng  juga menggambarkan dari kalangan mana geng itu terbentuk.

Terkadang antar geng besar terjadi konflik yang mengarah pada kekerasan juga. Dampak konflik inilah, remaja satu daerah agak ragu untuk berkunjung ke kerabatnya di daerah lain, karena khawatir oleh pertanyaan standar “budak mana ?” (anak mana ?), kalau yang ditanya bertempat tinggal di daerah dimana sedang terjadi konflik dengan wilayah yang dikunjungi biasanya remaja yang berkunjung tersebut diintimidasi.  Saya yang pada waktu itu sedang menginjak remaja punya perasaan “ngeper” juga ketika harus berenang di Centrum (Kolam renang Tirtamerta) karena wilayah itu daerah “kekuasaan” Patoradhos, sementara saya bertempat tinggal di sekitar buah batu.

Selain itu,  yang saya tahu pada saat itu memang sedang menggejala penggunaan ganja (mariyuana) di kalangan remaja. Bisa jadi, ini terjadi karena ada gelombang pengaruh dari penyanyi regea “Bob Marley” yang menghalalkan ganja sebagai teman hidup.

giant-step-giant-on-the-move3Beginilah kira-kira gaya pakaian remaja Bandung tahun 70’an

Tentunya aktivitas geng tersebut tidak selalu negatif, beberapa geng memang memfasilitasi kegiatan olahraga dan musik dalam aktivitasya. Tahun 70’an   jika BBC  ulang tahun seringkali menggelar berbagai kegiatan antara lain lomba Gokart, Sepatu Roda, apresiasi seni dll.  Bahkan pada saat lomba gokart dihadiri pula pembalap beken waktu itu (Hengky Irawan).  Sirkuit  Gokart   yang di gunakan waktu itu adalah Jalan Buah Batu – Jalan Gajah dan Jalan Banteng.  Tahun 70’an Jalan Buah Batu tidak seramai sekarang. Jalan Buah Batu tahun 60 – 70’an termasuk daerah yang masih dikelilingi sawah (sekarang komplek Turangga).  Adanya Car free day di Jalan Buah Batu setiap hari minggu pagi seperti mengingatkan para sesepuh BBC ketika remaja.

Kelompok remaja Bandung era tahun 70an yang gemar bermusik sempat membentuk grup band seperti Giant Step (kang Benny Subardja) , The Freedom (Kang Soleh), Rhapsodia/Paramor (Kang Djadjat)  Rollies (kang Gito), DKSB (kang Harry Rusli), One dee (kang Wandi), Rawe Rontek (Kang Harry Subardja), awal tahun 70an akhir, Mat Bitel (Kang Wawan Komeng) dan masih banyak lagi. Budaya bermain musik khususnya ngeband di Bandung memang telah mengakar sejak dulu dan hingga sekarang kreativitas bermusik masih tetap ada.

 Bandung memang penuh dinamika, pikasebeleun, tapi sekaligus penuh kreativitas.

About these ads
 
101 Comments

Posted by on March 12, 2008 in Sosial

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

101 responses to “Geng Motor Remaja/Cross Boys dalam Sejarah Kota Bandung

  1. utep

    May 30, 2014 at 7:23 pm

    Sampurasun saya bangga menjadi anggota BBC G.I di bawah pimpinan wa kenken meski saya dari cimahi skrang ada G.I di cimahi salam 4ever ka sadayana small group beda nama tapi ttp satu nama BBC :

    @ Utep : rampes…apapun organisasinya : Seja babakti ka lemah cai…

     
  2. Krisdinar

    February 1, 2014 at 5:51 am

    @ Belacua :Yang saya tahu namanya…Melky singkatan dari melong kidul

     
  3. belacqua

    January 23, 2014 at 4:50 pm

    Punten kang bade naros..sugan terang sejarahna melongkidul ..
    Haturhuhun

     
  4. feri rismiadi

    January 9, 2014 at 9:15 am

    Klw di BBC ada yg dulu pernah denger namanya Eddy Bata, apa bener ada ?

     
  5. mamangantra

    July 27, 2013 at 9:07 am

    Wah, Agedud disebut-sebut, eung! Waas….
    Nuhun seratannana, Kang Aom…

     
  6. oz

    July 16, 2013 at 4:24 pm

    kang aom mang kenken masih aya di beunteur, tos peot ayn mah hehe..!!!

    @ Oz : Tangtos tos sepuh ge, da kapungkur nuju abdi rumaja anjeunna mah tos senior..salam baktos kituh

     
  7. febian adi nugraha wiramanggala

    April 27, 2013 at 8:01 am

    Saya febian adi nugraha wiramanggala “ANAK DARI PENDIRI NC 234 (NEW CHICAGO) YAITU KANG BUDIARTO SOEPARMA WIRAMANGGALA DAN KAWAN2 YAITU DRAJAT AFANDI, YOHAN GEORGE dan ALM. YANCE BINONKAN, PETRUS ANSIGA, TOTO BOROHOL” ini kata siapa dedengkot atau pembesar namanya adalah kang DEDDY STANZAH? Ini tidak benar, tolong jangan main-main.. Memperjuangkan dan membesarkan NC 234 ini itu dengan DARAH&PENJARA asal anda tahu! Ayah saya (kang budi) adalah pentolan di cikaso! Tolong ganti, nama deddy stanzah dengan nama ayah saya! (BUDIARTO SOEPARMA)

    @ Febian : terimakasih atas koreksinya…salam buat semua

     
  8. febian adi nugraha

    April 27, 2013 at 7:52 am

    Saya febian adi nugraha wiramanggala “ANAK DARI PENDIRI NC 234 (NEW CHICAGO) YAITU KANG BUDIARTO SOEPARMA WIRAMANGGALA DAN KAWAN2″ ini kata siapa dedengkot atau pembesar namanya adalah kang DEDDY STANZAH? Ini tidak benar, tolong jangan main-main.. Memperjuangkan dan membesarkan NC 234 ini itu dengan DARAH&PENJARA asal anda tahu! Ayah saya (kang budi) adalah pentolan di cikaso! Tolong ganti, nama deddy stanzah dengan nama ayah saya! (BUDIARTO SOEPARMA)

     
  9. iis

    April 5, 2013 at 6:05 pm

    ngiringan atuh,,,,
    kumaha carana???

     
  10. Donny Suyatna

    January 8, 2013 at 1:29 pm

    BBC………….4EVER,punten kang aom bade tumaros,abdi putra na pk tamsi MEGAS,bade tumaros manawi kang aom uninga,upami pun bapa alm di bbc na angkatan/generasi sabaraha?manawi kang aom uninga, hatur nuhun kanu penjelasan nana…………….4 EVER………..

     
  11. bangbang

    December 15, 2012 at 2:32 pm

    upami daerah JATI kumaha tah , ayeuna mah leubeutna jalan kiaracondong kantor bersama

     
  12. ganda suganda

    December 11, 2012 at 1:58 pm

    abdi ngadukung bbc.

     
  13. Raden Dhandy Swartadinata

    November 3, 2012 at 8:43 am

    Always….Shinging…BBC 4~EVER

     
  14. enong

    August 29, 2012 at 2:22 pm

    ada satu sejarah yang menurut saya terlewat oleh penulis, yaitu sekitar 1980-an terdapat grup bernama “Bantahan”, kelompok tersebut menguasai hampir sebagian besar kota Bandung,, hampir semua terminal dan tempat-tempat keramaian dikuasai oleh grup ini, namun untuk lebih jelasnya saya sendiri pun kurang mengetahui seluk beluk grup ini, mungkin penulis bisa lebih menelusuri tentang grup ini yang kata sesepuh dulu memang terkenal di bandung sebelum zaman petrus (pembunuh misterius). thx salam

     
  15. Gapura

    August 19, 2012 at 12:36 pm

    Kepada senior BBC, mohon untuk ‘menertibkan’ BBC Pangalengan pimpinan abdul manaf yang semakin meresahkan warga Pangalengan. Mereka sengaja merekrut Preman-preman untuk menakut-nakuti.

     
  16. Gapura

    August 13, 2012 at 3:23 am

    Di Pangalengan Kab.Bandung justru BBC disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk menekan satu perusahaan besar dengan dalih untuk kepentingan warga Pangalengan. Anggotanya terdiri dari Preman pasar dan Terminal yang saya yakin mereka tidak mengetahui latar belakang dan sejarah BBC. Otomatis dengan sekilas, warga dan pihak perusahaan itu menilai BBC secara negatif.

     
  17. mpe

    August 7, 2012 at 2:40 am

    Punten tumaros,,,,,,,pami Uwa Abdi Almarhum…Uju Jumena nu linggihna di Karapitan aya nu apal teu sepak terjangna….soalna nuju teu acan ngantunkeun Sesepuh BBC siraturahmi ka bumina di Tasikmalaya….mohon infona……masih saru kapungkurna AMX ceunah Aya nu nyarios dai ceunah mah salah satu Pendiri AMS.punteun ah kanu terang di antos infona..hatur nuhun…

     
  18. badick Phantom'S

    July 18, 2012 at 9:01 am

    ngiring ngarewonk……
    Taroskeun kedah na mah tujuan na naon???
    Tapi sateurang abdi mah BBC teh ayeuna mah hoyong jauh tina nami kekerasan
    Da pami kekerasan mah ujung na Nami BBC oge nu awon mah…
    ayeuna mah pami sami anggota BBC urang silih elingan weh da sami eta teh dulur urang keneh…
    nu pasti mah ayeuna sanes jaman na OTOT hungkul tapi OTAK….
    da yakin OTOT atawa KAWANI anggota BBC mah teu kedah ditaros….
    leures….

    punteun bahasa sunda na bilih aya nu leupat….

     
  19. Krisdinar

    July 4, 2012 at 4:36 pm

    @ Lucky 7 : Maaf sekali kang lucky, saya tidak tahu bagaimana aturan yang diterapkan BBC sekarang, karena saya sendiri bukan anggota ormas BBC. Cerita BBC yang saya tulis adalah BBC yang saya ketahui tahun 70an. Jika perkembangan BBC menjadi seperti yang anda ceritakan saya juga ikut prihatin.

     
  20. Lucky 7

    July 4, 2012 at 3:11 pm

    Ngiring ngarewong ah kang..pami aya anak bbc nu nga rusuh d daerah,eta sok d sanksi atanapi d cabut k anggotaan teu ku pusat?
    Kumargi mgu2 kamari tu aya anak bbc nami na rico,saurna mah anak na r.daweng ktua cab.bbc jagabaya ngariweuh keun pabrik xxx..nu tmbih parah eta budak tur kolot teh ni asa pang aing na ngerahkeun jalmi keur nyerang pbrik..
    Jd ai bbc teh geng?organisasi?atanapi geng nu ter organisir?
    Miris kang,ninggal kalakuan bbc d jagabaya..
    Tlg d monitoring dmi nama baik bbc
    Hatur nuhun..

     
  21. ilalang

    June 24, 2012 at 8:17 pm

    Punten kang namung bade masihan informasi wungkul, hari sabtu tgl 23 juni 2012 tepatnya pukul 22.45 Wib, di perempatan soekarno hatta-moch.toha ada seorang pria kekar dengan rompi kulit berindentitas ormas BBC (saya tdk sempat mengingat no plat motornya) menodongkan senjata kepada anak-anak remaja (SMA mungkin) dengan maksud memberi peringatan pd anak-anak remaja tersebut krn menstandarkan motornya ketika lampu merah sambil mengobrol dengan rekannya , apakah layak hal tersebut dibenarkan?jika memang kepentingan BBC sekarang adalah memperpanjang persaudaraan?yang saya mau tanyakan juga,jika ada pelanggaran pd anggota BBC/ormas BBC, dimanakah masyarakat dapat mengadu?dan apa sanksinya?saya setuju dengan ungkapan kang Aom, sekarang sudah tidak jaman kekerasan, melainkan intelektualitas yang berkepribadian,nuhun, punten sateuacana

    @ Ilalang : Perilaku seperti yang anda ceritakan termasuk pada perbuatan kriminal. Jika yang menodongkan itu adalah anggota BBC, nggak perlu dilaporkan pada organisasinya. BBC sama sekali tidak mempunyai hak istimewa untuk berbuat seenaknya ! Laporkan saja pada polisi

     
  22. grader

    June 11, 2012 at 7:41 pm

    dulu bbc tuh Buah Batu Boys Club dari tempat fitnes ,, y sejarahnya memang kumpulan geng .. dan tiarap gara” ada petrus .. tapi gara” petrus itu buah batu jadi aman .. teu jiga ayeuna polontong pisan make atribut sarasa aing di jalan .. padahal rea keneh sesepun jalan buah batu nu teu ngiluan ormas .. contoh na kaluarga urang nu geus asli jalan buah batu geus aya leuwih ti 200 tahun di buah batu .. tapi gara” sacuil jalema nu ngaku asli bandung terus jadi preman hahha

    @ grader :
    Dari dulu sampe sekarang kita nggak setuju pada kekerasan apalagi premanisme nu popolontong “asa aing pangjagona”. Mun aya nu kitu teke ajah !

     
  23. dv balkie

    June 11, 2012 at 8:01 am

    Sae Artikelna kang,janten uninga sejarahna BBC kaleresan abdi turunan keluarga Buah Batu 57 kapungngkurmah kasebatna Keluarga Rahayu :)

    @ dv bakrie : sami-sami. salam buat keluarga semua

     
  24. Firmansyah Adireza

    June 4, 2012 at 10:32 am

    Mantaps kang aom sajarah BBC teh gening tos ti kapunkur mung abdi mah terang teh ayeuna wae….BBC teh mun ninggal ayeuna …punten pisan nya kang rada sieun mun tepang sareng anggota BBC teh ….mugi dirapihkeun deui ahh kang…

    @ Firmansyah : Saya pikir BBC nggak perlu ditakutin. mun ada yang nyoba nakutin…saya sarankan “teke” aja tuh hik..hik

     
  25. asep sofyan

    May 11, 2012 at 5:33 pm

    Hallo…..di kopo juga ada gang yang cukup ternama kang….namanya COVOS (Coboy Volontong Selon)

     
  26. nay

    April 21, 2012 at 6:08 pm

    wah gaya mang kenken jeung mang tonton kasebut euy..

     
  27. Krisdinar

    February 29, 2012 at 11:49 am

    @ Istighfar : Nepi ka kitunua…eta BBC ayeuna ?

     
  28. Istighfar

    February 28, 2012 at 1:45 pm

    sae ayeuna mah seu’eur pemasukan na ti Leasing motor…

     
  29. urang jati

    February 19, 2012 at 6:23 pm

    wah dulur hungkul siganamah :D

     
  30. Krisdinar

    February 16, 2012 at 11:21 am

    @ Kang Joe :
    Sae eta pamadegan teh, komo bari jeung sapu nyere eta teh dianggo kanggo ngiring nyapuan runtah masyarakat nu ngotoran kota Bandung.

     
  31. Joe Firdaus Bbcgamesrevolution

    February 16, 2012 at 10:54 am

    saestuna BBC kedah panceg dina pamuntangan,kedah ngahiji lir ibarat sapu nyere anu raket tur pageuh,tong nepika pegat simpay anu tung2na jadi pareumeun obor!!!

    BBC 4ever

     
  32. samuel

    January 27, 2012 at 10:15 am

    mantap pisan sejarah BBC

    ada yg tau kang babak ga wkt mudanya gmn?

    hehehe…..

    salam, 4 EVER !!!

     
  33. Anonymous

    November 6, 2011 at 2:27 pm

    salam tepang kang aom……
    abdi meni rees ngaos tulisan nu didamel ku kang aom,diantos sejarah perkawis BBC nu sanesna…….

     
  34. Aom Kris

    October 9, 2011 at 5:13 pm

    @ PMB : Salam kembali….Sejak dulu PMB selalu mewarnai kerativitas kota Bandung….Masih di Jl Merdeka kah ?

     
  35. Aom Kris

    October 9, 2011 at 5:08 pm

    @ Dadang : yaaa itulah masa suram kota Bandung tahun 70an. Memang sulit membedakan mana konflik gank dan konflik sosial yang melibatkan seluruh RK (sekarang RW) Konflik sosial seperti yang kang dadang ceritakan. Sepertinya disulut oleh kecemburuan sosial….karena di daerah kebon manggu ada pasar, terminal pertokoan….yang mengundang banyak orang dari berbagai kelas sosial masuk kedaerah itu…

     
  36. Dadang

    October 7, 2011 at 2:00 am

    Kang Aom, nuju alit abdi tinggal di kebon manggu, dina taun 70 han loba pisan kajadian garelut bentrok jeung daerah lain teh. Pernah aya kajadian hampir kabeh lalaki dewasa sa RK jaraga di mulut gang bari marawa pakarang, cenah bakal aya serangan ti daerah lain, malah nu rek nyerangna geus ngumpul disekitarnya kalawan jumlah anu loba pisan. Manawi uninga sajarahna daerah eta teh. Nuhun kang.

     
  37. PMB Bandung

    October 6, 2011 at 1:55 am

    salam dari PMB

     
  38. Anonymous

    September 10, 2011 at 4:44 am

    tlong donk tlis’n nama pengurus bbc yg sekarang……

     
  39. Aom Kris

    August 19, 2011 at 8:15 am

    @ anonimous : amin kang, mudah-mudahan. anak-anak kita bisa mengambil manfaat baiknya. Era kekerasan mesti kita kubur dah…

     
  40. Anonymous

    July 12, 2011 at 7:50 am

    para sesepuh bbc yg terhormat,mdh2an bs trs monitor kegiatan bbc jgn sampai jd seperti geng mtr yg legeg bahkan hrs jd contoh yg lainnya dlm berlalulintas jd bdg bs tertib.sbg ortu jg bs lega klo anak saya jd anggota bbc bs merubah dirinya jd seorang yg mandiri tp tdk lupa tugas seorang pelajar.semoga bbc jd arena utk cetak jd generasi yg jauh dari kekerasan.aminn

     
  41. indra gunawan.

    July 5, 2011 at 5:04 pm

    ass wrwb,,,kang Aom kumaha perkawis Ormas BBC , menurut kang Aom ?

     
  42. dimas_ghafar

    May 24, 2011 at 2:10 am

    hidupp bung kenken, bravo GI

     
  43. cox brigez antapani

    April 15, 2011 at 11:58 am

    kalo brigez kumaha kang??
    hehe

    Dari Aom Kris :
    Kalo Brigez mah kayanya udah banyak yang nulis artkelnya

     
  44. Aom Kris

    April 8, 2011 at 6:42 pm

    Salam baktos kang Dadang.
    Terimakasih atas kunjungan di blog ini.
    Samasekali saya tidak bermaksud mengungkit kembali masa kekerasan di Kota Bandung di era baheula. Kita ingin masa kekerasan dan dan genk di Bandung tidak terulang kembali karena bagaimanapun seperti yang kita ketahui dan alami sangat banyak negatifnya.

    Saya jadi teringat kembali banyak remaja Bandung yang hijrah (ngadu nasib ?) ke LN di Tahun 70’an khususnya ke Australia, diantaranya Akang ke German…

    MUngkin akang bisa memulai membuat blog dan menulis tentang kehidupan di German yang pasti bermanfaat buat kita yang ada di Indonesia..

    Salam buat keluarga di German

     
  45. Dadang

    April 8, 2011 at 11:12 am

    Saya tahu dan kenal baik secara pribadi dengan tokoh tokoh Pemuda di Bandung ! dari Putra daerah sampai ke tokoh pendatang yang dikenal dan disegani ! juga tokoh tokoh dari Militernya yang suka bergaul dengan para tokoh pemuda pemuda di BANDUNG . dan saya bisa menjelaskan apa pekerjaan kita dan kegiatan kita . waktu saya meninggalkan Kota Bandung , umur saya baru 28 Tahun sekarang sudah 60 Tahun ! tidak terasa saya tinggal di rantau orang sudah 32 Tahun ! sebetulnya saya juga ingin menulis pengalaman pengalaman waktu dulu apa kegiatan dan pekerjaan kita karena saya juga pada waktu cukup dikenal di Kota Bandung dan kenal baik secara pribadi dengan para tokoh yang ditulis oleh Kang Aom . karena saya pada waktu itu langsung bergerak bersama mereka , hanya saya ada kesulitan untuk membuat tulisannya ! karena saya tidak pernah menulis . saya tinggal di German bersama keluwarga . kalau Kang Aom kenal saya orang Gang Asmi ! alona Rachmat Hidayat .

     
  46. ghi _ chapter amsterdam

    April 4, 2011 at 5:01 am

    4EVER , 4EVER , 4EVER !!

     
  47. ivan

    March 9, 2011 at 12:26 pm

    tulisan yg sangat bagus, simple tp padat, informatif, dan sangat komunikatif. yg jelas, enak dibaca. sy yg hanya pernah dengar selewat ttg geng2an jadi tahu .. salam hormat.

    Reply :
    @ ivan : terimakasih. Salam hormat kembali

     
  48. yudy satiaputra

    February 6, 2011 at 7:35 pm

    ngiring bingah.. :)

     
  49. AGUS S.S

    December 1, 2010 at 6:36 am

    DULUH SIH AQ JUA IKUT GENG MOTOR TAHUN
    2008 .
    TAPI SEKARANG AQ UDAH TOBAT .
    ITU PERGAULAN BEBAS

     
  50. Aom Kris

    November 30, 2010 at 2:01 pm

    @khews dan bbi shain : mungkin bisa di cari infonya disini :

    http://www.facebook.com/group.php?gid=26554479386

     
  51. ebbi shain

    November 27, 2010 at 5:02 pm

    saya ank rmja yg kbtuln mjadikan buah batu sbgai kmpung hlmn. saya bingung msti kmna saya brtanya tntg BBC?? saya ingin jd anggota BBC ,tp saya gk tau msti kmna saya datang?? saya sdh punya kaos BBC dgn tulisan 4efer diats lambang. jujur saya mrsa bangga memakai.y ,,tp saya gak th “apa saya pnts pakai kaos dgn nm BBC pdhl saya blm jd anggota??
    mohon di hapunten ka lancangan saya..

     
  52. khew

    November 26, 2010 at 5:59 am

    kang upami rudi teh “uun jongjolong” snes?? upami apal, (rudi)uun jongjolong sreung (mamat)jhoni legos angktan k sbraha nya??
    punteun kang tos seueur tataros.. soalna abdi kirang trang kusabab sepuh abdi tos ngntunken manten..traz paman ge nembe ngntunkn janteun taya taroskneun..
    nuhun kang sataacana..
    bbc4ever. . .

     
  53. Raden Mirza Reynaldi

    October 13, 2010 at 3:47 pm

    Assalamualaikum,
    abdi ti BBC BACHELORS,
    ngahaturkeun nuhun kanggo kang aom nu tos ngadamel artikel ieu,
    moga BBC tetap berkembang dalam eksistensi nya amin 4ever !

     
  54. Febrian

    September 20, 2010 at 12:24 am

    knpa skrg bachelors itu anggotanya ada dimana mana ?
    trus kgiatan small group bbc itu skrg gimana ?
    hatur nuhun .

     
  55. indra

    September 16, 2010 at 8:22 am

    iya kang namanya wa sulton a.k.a ton ton,yg skr ga tw rimbanya,terakhir denger ada di belanda.

    lebaran krmn ini jg saya di jalan beunteur yg sekaligus jd sekretariat salah satu smallgroup BBC yaitu G.I

     
  56. boby

    September 14, 2010 at 3:54 pm

    kang kata nya saya denger dari sodara saya salah satu pencipta ga tau ketua tuch keluarga saya,
    tapi saya ga tau jelas,yg saya tau katanya ada eyang jadi ketua bbc, namanya eyang edy,,kenal ga kang ?
    trus panglimanya teh om devi, itu kenal juga ga kang ? terus tolong jelasin ttg sejarah bbc bachelors dulu sma skrg. Tolong jelaskan !
    hatur nuhun

    Dari kang aom :
    Yang saya ketahui Bachelors dulu adalah salah satu smallgroup BBC yang lokasinya di Jl. Kancil dan sekitarnya. Dulu cukup kreatif menggelar apresiasi seni di lapangan jl.kancil. sekarang saya tidak tahu persis eksistensinya.

     
  57. indra

    September 4, 2010 at 2:34 am

    waduh nama uwa saya ada di deretan generasi kedua BBC,saya hanya mengenal ceritanya dr mamah n keluarga saya..krn saya lahir dan besar diluar bdg.semoga kedepannya menjadi ormas yg positif

    Dari Kang Aom Krisdinar :
    Siapa Ua teh ? Mudah2an kekerasannya nggak nurun ke anda yah dra..salam buat keluarga

     
  58. Redaksi

    August 31, 2010 at 1:57 pm

    Dari Kang Aom buat semua :

    Era kekerasan saat ini sudah nggak jaman, gank dulu memang berawal dari ekspresi eksistensi identitas diri kewilayahan yang bersifat lokal seperti BBC atau AMX. Kehadirannya bisa jadi hanya terbawa arus “flower generation”. Kalau pun sekarang BBC berkembang menjadi sebuah organsasi massa milik Jawa Barat, semoga bisa memberikan hal positif bagi kita semua, tidak hanya sekedar untuk “legeg” apalagi menjadi sebuah organisasi massa yang mengandalkan premanisme.

    Betul kata kang Dimas, BBC, AMX, Pathorados, atau Oyster kita memang mesti bersatu dalam misi walaupun pernah punya sejarah pait karena konflik. Semoga

     
  59. dimas ( cMidd )

    August 30, 2010 at 5:36 pm

    cuman sekedar pemberitahuan buat semua…
    AMX CAVALRI siap kembali ke berjaya…
    mohon dukungan bagi semua…
    kita punya target untuk menjdi ORMAS…
    seperti sodara tua kita BBC…
    walau sejarahnya kita dlu berselisih tp skaang kita adalah teman…

    HIDUP AMX…
    JAYALAH AMX…

     
  60. Teddy obbet

    August 28, 2010 at 6:19 pm

    sing sanaos ORMAS BBC LAHIR di BANDUNG tp sekarang udah jadi milik publik orang jawa barat, dlm ad/art semua wilayah jawabarat boleh gabung dg ORMAS BBC,asal punya program yg positip dg motto;SOLUSI MENUJU KEMANDIRIAN.skr remaja di wilayah timur jawabarat udah merintis gabung dg BBC,mohon dukungan dan petunjuknya kpd tokoh2 BBC bandung. salam kompak BBC 4 ever. kami remaja Ciamis perlu bimbingan program jangka pendek dan jangka panjang sudah mulai berjalan.kami di ciamis juga punya tokoh BBC pusat yaitu pa H asep. beliau kepala Bulog di Ciamis.

    Reply :
    Oke…mudah-mudahan tidakdijadikan alat untuk meningkatkan posisis untuk kepentingan pribadi

     
  61. Elan Jaelani Skep.

    August 28, 2010 at 12:15 pm

    di ciamis jg skr udah ada BBC, udah resmi ada SK nya dari pusat, yu kita gabung dan besarkan ORMAS BBC di Ciamis.

     
  62. jaguar

    August 5, 2010 at 3:26 am

    kampret mang anak motor di bdg…pd sok jagoan…
    bruntung lo da di bdg…klo djkt dah di bantai org2 kyak gitu

     
  63. violin

    July 30, 2010 at 6:02 pm

    Ass..
    Mau tanya ni kang..
    dBBC da namany devata nata biasa dpanggil ata atw onta, ga kang? Saya cari temen lama..
    Kalo pengen nny2,skertariatny djalan apa y kang?
    Hatur nuhun..

     
  64. Syawal

    June 26, 2010 at 8:58 pm

    Duh hatur nuhun kang atas penjelasan diatas ,saya sebagai generasi muda bandung sangat bangga atas dinamika bandung . Bandung memang benar kota penuh sejarah banyak organisasi bermula di bandung sebut saja BBC , Brotherhood,MMC, Brigez,XTC,Tarung derajad,dll tak bisa diungkapkan oleh kata2 , sungguh bandung kota yang penuh warna

     
  65. Aboen/ Eks.Ketua Kepengurusan BBAC Majalengka ( 2007 - 2009 )

    April 16, 2010 at 7:43 pm

    ass..
    sae pisan kang artikelna,,abdi janten terang leuwih jauh sajarah BBC teh..
    hatur nuhun kang,,upami tiasa mah tambihan deui artikelna..??

     
  66. Budi

    April 6, 2010 at 9:40 pm

    Nepangkeun kang Aom, abdi ti sumedang…kaleresan selaku pengurus DPD ormas BBC Sumedang, sok sanaos sanes urang bandung…tapi abdi tertarik janten anggota ormas BBC ku lantaran asa reu’eus upami urang sunda gaduh wadah kanggo persatuan sareng wadah kanggo saling manjangkeun duduluran…, janten pangraos abdimah BBC teh asa milik urang sunda we…da ka bandung ge tos asa ka lembur sorangan… kukituna upami pas tepang dimana wae…boh di tasik…boh di cianjur…atanapi dimana wae, upami tepang sareng jalmi nu ngangge acuk BBC teh, bet asa tepang sareng baraya…

    Dari Kang Aom :
    Salam pangwanoh ti simkuring.
    Leres BBC ayeuna mah sanes beungkeutan kangge urang Buahbatu wungkul, komo saparantos ngajanggelek janten ormas mah. nuhun

     
  67. acep

    April 6, 2010 at 3:51 pm

    kang aom , BBC saat ini diharepkeun jadi sapu nyere ulah pegat simpay, manfaat keur jalma rea jeung lingkungana ngan bangun nagari nu repeh rapih kerta raharja….sanes kitu.

    Dari Kang Aom :
    Sumuhun, leres pisan. Nuhun

     
  68. amo bangget

    March 25, 2010 at 9:08 pm

    kang saur na,kpngkur bbc teh anggota na seu;eur nu d karungan(jmn
    orba)leres eta teh kang???

     
  69. vajar

    February 24, 2010 at 1:25 pm

    SAIIa dari AGOTAX…. saiia generasi agotax .. sya juga sangat tragis dengan BBC sekarang kang.. kurang ada gregetnya … insya4JJ saiia dengar kmren BBC akan berbenah.. dukung terus BBC salam 4 ever

     
  70. bima

    February 5, 2010 at 12:47 pm

    caranya gabung gmn??

     
  71. muhammad rizal

    December 11, 2009 at 3:35 am

    ass.kang punten bade tumaros,,upami di kosambi(cipaera,malabar) kapungkur geng naon anu terkenal na kang???
    kaya asik dengerin sejarah cerita geng bandung tempo doeloe..

     
  72. sura

    November 17, 2009 at 2:04 am

    kang bade tumaros…ai BBC terbuka untuk umum ??? pribados tertarik BBC Communication na…sering monitoran !!

     
  73. Anonymous

    October 19, 2009 at 11:16 pm

    upami kang kenken aya dimana ayeuna?????????

    Dari kang aom :
    duka tah teu acan ka cukruk raratanna

     
  74. ervin

    October 9, 2009 at 7:03 pm

    saya pengen org2 BBC seperti Bung Kenken!!!!

     
  75. dudung

    June 16, 2009 at 2:54 am

    kang punten ..
    abdi hoyong teurang ,
    upami BBC te hartosna naund ??
    naha bet BUAH BATU CORPS ??
    nuhun akh ..

    dari Kang aom :
    Kalo menurut anda apa..BBC teh ?

     
  76. bayu

    May 30, 2009 at 7:01 pm

    wah keren euy biografinya………..
    berarti bapa saya masuk ke generasi ke 2 ya!!!!
    bareng sama om tusye om tonton!!
    kl bs minta cerita detil nya dong…..
    terimakasih

     
  77. G2 ZEN

    May 30, 2009 at 2:51 am

    loba club motor gabung sareng ormas tujuana neangan beking lamun club na polontong terus loba musuh ges pasti ormas eta kababawa,jadi bener orMAS KUDU NETRAL,BBC anu resep biker di sadiakeun wadah na BBC biker bejana mah kumpul na di daerah samsat.Bravo BBC

     
  78. Kang Aom

    May 23, 2009 at 2:41 am

    Dari Kang Aom

    untuk Gagak Stone Complex :
    Jika BBC jadi begitu saya ikut prihatin

    untuk Daddy :
    Ya…mudah-mudahan urang bakal tepang…Salam we ka sadayana adi-adi, senior-senior di oyster.

    untuk feby :
    ya, memang banyak tokoh waktu BBC memulai jadi legenda Bandung..Diantaranya abah Didi yang feby sebutkan itu

     
  79. feby

    May 22, 2009 at 1:27 pm

    kalau nggak salah generasi kedua angkatan kang daman ada abah didi juga lho, kok tidak tercantum kecewa nich tidak dianggap hik…hik..hik..

     
  80. dady

    May 22, 2009 at 10:44 am

    kumaha damang kang aom?
    Iraha bade ngalongok ameng ka jalan kerang teh? ieu didieu tos seueur nu ngarantosan hoyong ngobrol sareng kang aom,upami bade ka kerang mah tong siang siang tapi langkung sae mah wengi bae tapi etage tong tengah wengi bilih di tutur tutur ku hansip he he….,hayu ah urang ngobrol tukar pikiran sareng barudak oyster didieu,da kang aom ge tong jiga kasaha saha da orang oyster keneh atuh.
    Diantos kabarna…mudah mudahan sadaya aya dina junjungan ALLAH SWT .Amin.

     
  81. Gagak Stones Complek

    May 19, 2009 at 12:39 am

    BBC legenda bandung ey ti saya budak keneh tos aya daerah caladi gagak mah moal birek lah,akang harap mah BBC teh terus exis inti na sing bisa jadi moderator perdamaian konflik2 nu aya di bandung,ayena loba jalma2/kalompok2 anu nu boga kepentingan pribadi dibabawa/ngadeketan BBC tujuana nya eta perlindungan lah.paur na klompok/jalma anu ngamamfaatkeun BBC teh musuh na oge boga ormas misal(A) tah didie bisa2 gara jelema nu kitu BBC jadi gaduh musuh si (A)padahal urusana mah lain sareng BBC.nah kitu na sikaP NETRAL BBC sbg ormas perdamaian harus di tegakan,bravo BBC

     
  82. Kang Aom

    May 12, 2009 at 1:04 am

    untuk : Rizky N anonimaous
    Tah…palebah…playboy henteu na mah…mamah langkung uninga….tapi kalo dengan baju kemeja ketat dipinggang, sepatu hak tinggi tertutup celana cutbay..! mungkin itu yang membuat mamah kamu kepincut..
    Semua dedengkot BBC waktu itu memang disegani…dan mantes.

    Secara pribadi saya nggak kenal kang Pipit, tapi kalou mau tahu tentang Kang Pipit saat muda, betul mungkin bisa ngobrol sama kang aom Kusman d’kabayan atau kalau masih ada ke Kang Piping Oyster Jl. Kerang…
    Saya bukan Kang Aom Kusman hanya kebetulan panggilannya sama..

     
  83. Anonymous

    May 11, 2009 at 2:39 pm

    oh ini bukan Aom kusman,saya pikir juga ini Pa Aom kusman,
    hehe.

     
  84. Rizky febriansyah

    May 10, 2009 at 12:44 pm

    aduh maaf saya sangka anda aom kusman

    maaf sebelumnya

    klo boleh tau apa anda pernah kenal dengan ayah saya (pipiet)

     
  85. Rizky febriansyah

    May 10, 2009 at 12:40 pm

    berarti si papah play boy donk hehehehehehehe

    makasih buat infonya

    klo ga salah mah om koko fredi mah kena stroke

    klo boleh tau apakah benar ayah saya itu orang yg di segani???

    oh iya saat ayah saya meninggal terima kasih udah mau melayat

    terima kasih sebelumnya

    salam dari mamah

    katanya ntar maen ke tante ionk

     
  86. Rizky febriansyah

    May 6, 2009 at 3:45 am

    bleh minta perjalanan hidup pipiet buah batu ga
    yg angkatan ke 3

    saya anak ke 3 dari alm pipiet
    saya ga tau perjalanan ayah saya waktu dulu klo bisa tolong ceritakan yah.

    saya juga ingin tau bagaimana ayah saya itu..

    sekaligus sama uwa saya (wa ridha)

    makasih sebelumnya

    Dari Kang Aom :
    Mohon maaf saya tidak tahu persis kehidupan pribadi dan perjalanan karir masing-masing “dedengkot” BBC waktu itu..dan setelah tidak aktif di BBC. Tapi yang pasti…..jangan bayangkan kalo crossboys BBC waktu itu berpakaian compang-camping dengan macem-macem asesoris….dan malak di warung kaki lima lho…Dedengkot BBC waktu itu berpakaian sangat rapih dengan celana cutbray rambut panjang di blow…dan cenderung pesolek…….Itulah sebabnya….selalu dikelilingi gadis cantik….he..he..he. wah..keren deh… Coba kunjungi Oyster Jalan Kerang…mungkin disana ada foto-foto Kang Kamar, Kang Piping, Kang Didin, Kang Pipit atau ke Jl. Kancil/Pelanduk mungkin ada foto-foto Kang Benny, Kang Harry waktu muda….
    Tahun 80an masih sering bertemu dengan Kang Fredi di Jl. Penyu..tapi sekarang tidak tahu dimana…jadi agak sulit menelusuri kehidupan dedengkot BBC termasuk Ayah anda Kang Pipit.
    Sekali lagi mohon maaf…

     
  87. Rd.Ilham Satiaputra

    May 5, 2009 at 3:45 pm

    betul sekali kang Aom,dan saya lebih menginginkan BBC itu tidak ada IKB atau ORMAS BBC saya lebih menginginkan Buah Batu Corps saja,jadi semua bersatu.alah ieu mun dibaca ku mang mama,rada palaur oge hehe,keun lah pa mama mah rada gaptek kana nu kieu hehe.
    jeung wa daman teh geus rada males nu ngurus kararieu ceunah,tos betaheun di walanda.
    kang Aom gaduh facebook? bilih gaduh add nu abdi kang,ilham_aha@yahoo.com

    Kang Aom :
    Ya…inginnya sih begitu….hanya situasinya aja mungkin yang menjadi harus begitu…
    Yah…Kang Daman mungkin sedang menikmati masa tuanya…..dan tidak perlu dibebani hal-hal yang mungkin tidak ngepas dengan ketika dia lagi di Bandung

     
  88. faizzzzzzzzzz

    March 13, 2009 at 2:10 pm

    ghghfghfghggggggggggggggggggggggggggggggggg

    Kang Aom :
    Is…maaf kalo nggak ngerti basa Bandung yah..

     
  89. adam

    March 4, 2009 at 11:51 am

    uhfdsf;’zrfpolwe
    ra

     
  90. ifan

    February 25, 2009 at 8:01 am

    hahaha kang sae artikel na…
    ini saya anak nya kang nanang yang katanya suka ngendang tea…kang nanang teh udah 6 tahun sakit stroke jadi udah ga maen kendang lagi!
    atos di salamkeun ka bapa teh…ngan bapana ge hilapeun!
    katanya bapa ini teh kang aom yang mana tea??

    Dari Kang Aom :
    Ngiring prihatin ka Kang Nanang, mugia enggal damang, jagjag waringkas deui. Tangtos hilapeun ge, margi tos langkung ti 1/4 abad teu tepang sareng tuang rama teh. Sataun kapengker mah masih sok balawiri, lalar liwat ka Jl Haremis teh da puguh lembur, sok tepang eta ge sareng Kang Aang di Jl Penyu. Mung nya kitu tea ayeuna mah rada arang kadinya margi bumi nu di haremis teh tos digaleuh ku dr. uce sataun kapengker. Sanes waktos Insya Allah simkuring nepangan tuang rama di Jl. Kerang… Hatur nuhun.

     
  91. Rd Ilham Satiaputra

    February 20, 2009 at 8:48 pm

    kanggo kang Aom,iyah skrg jadi ormas alhamdulillah sang ketum Mama Tarmana Satiaputra tidak ada kaitan dengan partai2 dan pemerasan di daerah buah batu,hanya yg diharapkan saya agar wa Daman pulang agar BBC bersatu kembali karena skrg terbagi 2 dan dan rumornya BBC “kutip” lah maennya kotor meres sana meres sini,semoga sang GodFather taun 60’an itu pulang semuanya bisa sopan sedikit,dan tidak menyalahgunakan nama BBC itu sendiri,sebab dari generasi kedua dan ketiga untuk membangun/menaikan nama buah batu diperlukan pengorbanan yg sangat pahit,dan sekarang dirusak oleh orang koroco yg dulunya tdk punya nama di buah batunya,apakah bukan tindakan seenaknya dengan melupakan,pembesar2 dari generasi kedua dan ketiga dan sebagian sudah Almarhum.
    begitu akang,wios nya abdi sanes nyaramah..abdi da umur sebatang tangkal keneh kang Aom.ieu mah saling tukar informasi saja,saya resep forum2’an kieu teh.
    Wassallam.

    Dari Kang Aom :
    Era reformasi memang membebaskan semua orang membentuk organisasi, apapun bentuk dan jenisnya…..Hanya bagi akang mah jadi rada aneh kalo nama BBC (Buah Batu Corp) sekretariatnya aya di Garut atawa Sumedang….Kejayaan BBC buahbatu memang hanya sekedar sejarah kelompok remaja legendaris Bandung tempo dulu….yang sampai sekarang masih diingat semua orang. Jika sekelompok orang ingin punya obsesi dalam membentuk organisasi yang punya nama besar. Apa tidak lebih baik membentuk ormas dengan nama baru…dan berjuang agar besar dan legendaris tanpa harus mendompleng nama besar organisasi lain…?
    Namun apapun bentuknya mau IKB atau Ormas kita berharap BBC mempunyai konstribusi buat kemajuan Indonesia khususnya Bandung. Sanes kitu Kang Ilham ?
    Hatur nuhun

     
  92. Rd. Ilham Satiaputra

    February 18, 2009 at 2:43 pm

    semoga wa daman pulang ke indonesia..doakan ya akang2 dan teteh2 sebab skrg bandung jd haseum,byk ormas jakarta ngejago di bandung…sugan ningali kang Daman mah ngi’ihan calana sorangan…hehehe (heureuy)

    Dari Kang Aom :
    Wilujeng sumping deui kang Ilham….hatur nuhun kersa rurumpaheun.
    Tampaknya era kekerasan sudah berlalu…..dan harus dilalukan……!
    Hanya saya pribadi juga rada teu ngartos da BBC teh ayeuna mah aya nu janten Ormas oge….bade molitik kitu….? atawa mung naekeun bargaining..? he…he….he…

     
  93. dady

    February 18, 2009 at 10:27 am

    Sumuhun kang.gaduh artikel naon deui nu enggal?

    Dari Kang Aom :
    Se’eur ari na uteuk mah….pangalaman di jalan kerang penyu haremis tripang mutiara teh..! Insya Allah kapayun manawi…Salam ka kang Nanang….(masih sok ngendang keneh kitu ? janten emut ka new bloody) oge ka kang Pandi…. Salam baktos ka Kang Gigin. Waas ningali foto-foto sepuh di blog oyster salira…

     
  94. dady

    February 16, 2009 at 11:42 am

    kang,apa tidak salah tuh judul “BUAH BATU CROPS” seharusnya “BUAH BATU CORPS”?. maaf ya. baguslah sering sering aja kang tulis artikel tentang buah batu.maju terus pantang mundur…

    Kang Aom :
    Wah….itu pasti salah ngetik…..Terima kasih…kang dady ti Jl Kerang sanes ?

     
  95. ardianzzz

    January 6, 2009 at 5:15 am

    wew keren sekali tuh… jadi inget di filem filem jaman dulu deh

    Dari Kang Aom :
    Lha iya lah….masa la iya dong….Mulan juga Jamee…lah masa mulan jamee dong…!
    Hay pa kabar Yogja…dah lama nich nggak kesonoh…

     
  96. gm

    November 25, 2008 at 8:56 am

    dengar2 katanya tonton bbc itu jadi korban petrus tahun 80an kang?

    Reply :
    terkadang berita yang kita dengar….cuma sekedar perkiraan orang saja…

     
  97. Ilham Satiaputra

    November 24, 2008 at 5:39 am

    boleh ralat dedengkot generasi kedua bukan daman hendaran tapi Rd daman hendarman,terima kasih.

    Reply :
    Terimakasih ralatnya kang Ilham

     
  98. abung

    November 21, 2008 at 4:04 pm

    dulu arcamanik mah sawah2 dan kebon bala keneh..

    Reply :
    Tapi pernah ada tempat pacuan kuda lho….sekarang tinggal reruntuhannya

     
  99. asep

    November 21, 2008 at 4:02 pm

    Kalao daerah Arcamanik tahun 70an apa namanya kang ?

    Reply :
    Kalo di daerah itu mah….betul betul terorganisir…..campuran..kriminal, politik…pencuri namun terkurung di LP Sukamiskin….he..he..

     
  100. wuland

    November 17, 2008 at 11:55 am

    iiah, akko jgga termasuk anggota.a …
    tapi kalo iiang dulu” mah kurang tau jgga …
    hehe ….
    qta gug punya target qo .
    cumand kumpul” biasa ue …

    Reply :
    Anggota AMX ato BBC nich?

     
  101. wuLan

    August 18, 2008 at 8:07 am

    tolong tulis donk nama-nama anggota AMX.a …
    thx iiah ….

    Reply :
    Wah…kalo soal nama anggota AMX waktu itu agak sulit, biasanya genk remaja tahun 60-70an sangat informal.. jadi nggak pernah mencatat semua anggota yang tergabung..! Kalo sekarang bisa jadi terdaftar dan tertulis karena berubah menjadi organisasi mssa yang punya target tertentu (?)…!.

    Tapi kalo mo menelusuri, coba aja mulai dari jalan Ciremai, mungkin masih ada tokoh AMX dulu yang masih belum pindah. Kalo ingin tahu BBC, coba hubungi sekretariatnya di Jl Haremis I No. 7 (?) atau di MTC Bypass, mungkin ada keterkaitan dengan BBC tahun 60-70 yang saya tulis.

     

Jangan lupa berkomentar, sebagai penyemangat

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: